visitaaponce.com

3 Mobil Damkar Rusak Setelah Bolak-Balik Padamkan Kebakaran TPA Sarimukti

3 Mobil Damkar Rusak Setelah Bolak-Balik Padamkan Kebakaran TPA Sarimukti
Armada Pemadam Kebakaran berjibaku memadamkan kebakaran di TPA Sarimukti sejak 19 Agustus 2023 lalu.(MGN)

ARMADA milik Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, terpaksa masuk bengkel karena rusak akibat terus menerus digunakan untuk memadamkan kebakaran TPA Sarimukti.

"Tiga unit mobil kita turun mesin karena full tiap pagi, siang, sampai malam bekerja memadamkan kebakaran di Sarimukti," terang Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Bandung Barat, Siti Aminah Anshoriah, Jumat (15/9).

Karena sementara ini tiga armada tersebut tidak bisa digunakan, proses pemadaman kebakaran gunungan sampah TPA Sarimukti dibantu armada yang standby di poswil.

Baca juga : Gubernur Jawa Barat Minta Bantuan BMKG Padamkan Kebakaran TPA Sarimukti

"Sementara ini kita gunakan tiga unit armada dari setiap poswil dan ditambah dua unit armada mengangkut peralatan, sehingga total jumlah armada yang diturunkan ada lima unit," katanya.

Faktor lain yang menjadi penyebab kerusakan armada yakni usia kendaraan yang sudah terlalu tua. Diakuinya, hal ini menjadi kendala proses pemadaman, apalagi kobaran api terus muncul di tiap zona TPA Sarimukti.

Baca juga : Padamkan Kebakaran TPA Sarimukti, Pemprov Jawa Barat Siapkan Rp5,8 Miliar

"Pernah kejadian api membesar, unit mobil harus bolak-balik agar kobaran tidak makin membesar. Untungnya kita dibantu tim pemadam dari daerah lain sehingga bisa tertangani," ungkapnya.

Sementara untuk jumlah personel yang diturunkan mencapai 25 orang, ia mengaku, mereka terus bertugas memadamkan api sejak awal kebakaran TPA.

"Sampai sekarang mereka belum ada yang sakit, terus menjalankan tugasnya," jelasnya.

Secara keseluruhan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Bandung Barat memiliki 10 unit armada yang masing-masing tersebar di Poswil Cililin, Lembang, Cipatat dan Cikalongwetan, serta 6 unit lainnya di markas Damkar. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat