visitaaponce.com

Kementerian LHK Turun Langsung Tangani Karhutla di Kalsel

Kementerian LHK Turun Langsung Tangani Karhutla di Kalsel
Wamen LHK Alue Dohong ikut memadamkan Karhutla di Kalsel(MI/Denny Susanto)

KEMENTERIAN Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) turun langsung membantu penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, seiring semakin parahnya kondisi karhutla di wilayah tersebut. 

Minggu (1/10) petang, Wakil Menteri LHK Alue Dohong didampingi Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Hanif Faisol Nurofiq, Dirjen PPI dan Dirjen KSDAE memimpin rapat koordinasi penanganan darurat Karhutla di Kalsel. Kegiatan yang dikuti Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Korem 101/Antasari, Polda Kalsel serta instansi terkait lainnya ini dipusatkan di Posko Karhutla Kelurahan Guntung Damar Banjarbaru. 

Wamen LHK dan Dirjen Planologi ambil bagian memadamkan kebakaran lahan gambut di kawasan Guntung Damar dan Hutan Lindung Liang Anggang. Pemadaman dilakukan hingga malam hari. 

Baca juga : Hujan Buatan Diintensifkan di Sumatra Selatan

"Ini kondisi emergency, prinsipnya kita kerja bareng, mobilsasi semua sumber daya yang ada, tenaga, peralatan dan semuanya. Polanya pemadaman di darat dan dikombinasikan water bombing," tegas Alue Dohong.

Lebih jauh dikatakan Alue Dohong yang sebelumnnya memimpin pemadaman karhutla di wilayah Pulang Pisau, Kalteng. Kementerian LHK akan melakukan TMC di sejumlah daerah darurat karhutla termasuk Kalsel. 

Baca juga : Ratusan Sumur Bor di Kalsel Dalam Kondisi Rusak

"Jangan ada saling menyalahkan, bagaimana yang penting transportasi, kesehatan masyarakat. Saya perintahkan pejabat KLHK jangan pulang ke Jakarta sebelum karhutla teratasi," kata Wamen.

Dirjen PTKL Hanif Faisol Nurofiq mengatakan dalam rakor penanganan karhutla ini dibahas upaya penanganan permanen karhutla di Kalsel, baik jangka pendek maupun jangka panjang. 

"Saat ini kondisi karhutla di Kalsel sudah sangat parah, udara sudah sangat tidak sehat di wilayah Banjarmasin dan Banjarbaru dengan serangan ISPA meningkat. Ini harus jadi perhatian serius dan perlu langkah percepatan penanganannya," kata Hanif.

Hanif menambahkan, KLHK akan mendukung penuh strategi penanganan darurat Karhutla di Kalsel. Adapun langkah yang akan dilakukan segera antara lain melakukan kajian type lahan mineral dan KHG untuk penanganan berbeda karhutla, dimana gambut hanya dapat dipadamkan melalui perendaman.

Gambut yang sudah kering akan jadi bahaya laten dan permanen rawan karhutla. Water bombing lebih efektif untuk lahan mineral sehingga perlu dialihkan. "Perlu ada peta detail penanganan karhutla di Kalsel. Survey daerah gambut dan identifikasi detail lokasi penanganan, penambahan pos-pos untuk pompa apung dan pasukan satgas darat," tambah Hanif

Untuk langkah jangka panjang akan dilakukan survey pemetaan bersama Balai Wilayah Sungai dan PUPR untuk pembangunan infrastruktur penanganan karhutla seperti pembangunan saluran irigasi dan embung di lokasi gambut kering. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat