visitaaponce.com

Wapres Maruf Amin akan Resmikan KPN Talaga

Wapres Ma’ruf Amin akan Resmikan KPN Talaga
Kawasan Pangan Nusantara Talaga di Donggala, SUlteng(MI/M taufan Sp Bustan)

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin dijadwalkan meresmikan Kawasan Pangan Nusantara (KPN) di Desa Talaga, Donggala, Sulawesi Tengah. Persiapan pun dimatangkan.

Tenaga Ahli Gubernur Sulteng, M Ridha Saleh mengatakan, dalam peresmian yang dihadiri wapres, akan dilakukan juga penanaman perdana jenis komoditi pangan dan hortikultura.

“Sesuai jadwal kunjungan Wakil Presiden RI ke KPN 3 Oktober 2023 mendatang. Oleh karena itu, seluruh persiapan kunjungan segera dilaksanakan,” terangnya seusai peninjauan lokasi KPN, Minggu (1/10).

Baca juga : Kapal Fiber Tenggelam di Perairan Mansalean Sulawesi Tengah

Menjelang kedatangan wpares, pemerintah daerah dan unsur forkompinda mulai mematangkan persiapan. Salah satunya dengan mengecek lokasi KPN dan meyediakan bibit yang akan ditanam perdana di lokasi tersebut.

“Rencananya wapres akan menanam bibit durian jenis montong dan matahari di lokasi KPN,” imbuhnya.

Baca juga : Persipal Palu Curi 1 Poin di Kandang PSBS Biak

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura menjelaskan, KPN adalah peluang yang harus dipersiapkan. Sebab, jarak Sulteng dengan Kalimantan Timur sebagai lokasi IKN berhadapan dan sangat dekat.

“Oleh karena itu, KPN menjadi program strategis daerah dan nasional,” tegasnya.

Rusdy menambahkan, dalam konteks kewilayahan, KPN memberikan efek positif bagi Sulteng.

“Sebagai daerah penyangga bagi kebutuhan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, tentu peluang besar untuk Sulteng,” tandasnya.

Pembukaan lahan untuk KPN Talaga dimulai sejak 2022. Tujuannya untuk menjadi penyangga bagi kebutuhan pangan IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Dalam KPN akan ditanam hasil bumi. Diantaranya, pelbagai komoditi pangan dan hortikultura.

Sementara itu, Komando Resor Militer (Korem) 132 Tadulako memastikan kunjungan wapres berjalan aman dan sesuai harapan.

Danrem 132/Tdl, Brigjen Dody Triwinarto menegaskan, kedatangan wapres merupakan hal yang luar biasa.

Pihaknya optimistis kegiatan tersebut akan berjalan sesuai harapan, untuk itu ia meminta kerjasama semua pihak.

“Kami sudah turun kelapangan di Dampelas dan melakukan rapat. Kami akan bekerja cepat sebagaimana yang dilakukan Sangkuriang pekerjaan tuntas sebelum ayam berkokok,” ujarnya.

Wapres beserta rombongan direncanakan melaksanakan kunjungan kerja di Sulteng pada 3 Oktober 2023 mendatang.

Wapres akan mengunjungi KPN Talaga menggunakan helikopter. Setelah itu, ia akan menghadiri deklarasi Sulteng bebas desa tertinggal serta pengukuhan Komite Ekonomi Syariah Daerah.

Khusus pencanangan desa bebas tertinggal, akan dihadiri 15 gubernur dan 62 bupati se-Indonesia. Kegiatannya digelar di salah satu hotel Palu

Sekretaris Provinsi Sulteng, Novalina Wiswadewa berharap, semua pihak terkait agar segera mempersiapkan segala sesuatunya menjelang kedatang wapres.

“Terutama infrastruktur jalan, landasan heliped, sarana penerangan (PLN), telekomunikasi, MCK (toilet), logistik,” sambungnya.

Sementara itu, Bupati Donggala Kasman Lassa menambahkan, untuk menyambut wapres pihaknya akan melibatkan 158 desa, semua kepala OPD, tokoh adat, serta ribuan masyarakat Donggala.

“Nanti semua warga Donggala berbaris menyambut kedatangan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin beserta rombongan di seputaran jalan menuju KPN,” pungkasnya. (Z-50

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat