visitaaponce.com

Berkas Kebakaran Hutan di Gunung Bromo Diserahkan ke Kejaksaan

Berkas Kebakaran Hutan di Gunung Bromo Diserahkan ke Kejaksaan
Foto udara kondisi lahan pasca kebakaran di Pos Watu Gede, kawasan Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (15/9/2023).(Antara/Muhammad Mada.)

BERKAS perkara kasus kebakaran lahan dan hutan di Bukit Teletubbies di Gunung Bromo akhirnya diserahkan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur. Kebakaran di bukit tersebut dipicu percikan api flare prewedding. 

"Tidak hanya berkas, tetapi satu tersangka juga diserahkan," kata Ditreskrimsus Polda Jatim Kombes Farman di Surabaya, Kamis (5/10/2023). Polisi menetapkan satu tersangka, yaitu Andrie Wibowo Eka Wardhana, 41, warga Lumajang sekaligus manajer wedding organizer yang disewa calon pengantin asal Surabaya itu.

Selain melimpahkan berkas perkara pada hari ini, Farman mengutarakan pihaknya masih terus memproses kasus ini. "Tidak menutup kemungkinan ada tersangka baru dalam peristiwa kebakaran yang menghanguskan lahan savana seluas 500 hektare tersebut. Masih proses tunggu saja," imbuhnya.

Farman mengatakan, kemungkinan ini masih diproses penyidik dengan melengkapi sejumlah bukti dan keterangan tambahan. Pemeriksaan sejumlah saksi pun terus dilakukan guna menggali fakta baru. Saksi yang bakal diperiksa mulai dari pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) hingga rombongan prewedding seperti calon pengantin, fotografer, dan videografer.

"Kita lihat dengan fakta hukum dan alat bukti yang ada. Kalau memang alat buktinya cukup, bisa dimintai pertanggungjawaban," imbuh Farman.

Peristiwa karhutla di Bukit Teletubbies Gunung Bromo bermula saat rombongan wedding organizer dan calon pengantin melakukan foto prewedding sambil menyalakan flare. Namun percikan api flare mengenai rumput kering hingga merembet di sejumlah area karena tiupan angin. 

Terdapat satu orang yang menjadi tersangka. Sementara lima orang lainnya masih berstatus saksi antara lain pasangan pengantin HP, 39, pengantin pria asal Kelurahan Kedungdoro, Kecamatan Tegalsari, Kota Surabaya dan pengantin wanita PMP, 26, asal Kelurahan Lrorok Pakjo, Kecamatan Ilir Barat 1, Kota Palembang. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat