visitaaponce.com

Ibu Wapres Wury Maruf Amin Kompetensi Pelaku UMKM Perlu Ditingkatkan

Ibu Wapres Wury Ma'ruf Amin: Kompetensi Pelaku UMKM Perlu Ditingkatkan
Kompetensi UMKM kriya dinilai Wury Ma'ruf Amin mengatakan perlu ditingkatkan untuk bersaing di pasar global.(MI/Martinus)

KETUA Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang juga Istri Wakil Presiden RI, Wury Ma'ruf Amin mengungkapkan Indonesia memiliki potensi besar dibidang Kriya. Oleh karena itu, kompentensi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kriya perlu ditingkatkan agar setiap produk yang dihasilkannya dapat bersaing di pasar global.

"Di era global, kreatifitas dan inovasi di sektor kriya harus terus kita majukan. Oleh karena itu, perlu dibangun ekosistem yang mendukung pengembangan kriya, salah satunya yaitu, melakukan kolaborasi dengan semua instansi terkait," ujar Wury saat Sosialisasi Peningkatan Kompetensi UMKM Kriya dan Forum Kemitraan Investasi di Gedung Lambert Jitmau, Kantor Walikota Sorong, Papua Barat Daya (PBD), Kamis (12/10).

Wury mendorong peningkatan peran Forum Kemitraan Investasi untuk mendukung pengembangan UMKM Kriya. Harapannya, forum tersebut dapat menjadi wadah bagi para pelaku UMKM kriya, guna mendapatkan akses, di antaranya modal, teknologi, dan pasar.

Baca juga: Shopee Dorong UMKM Kuasai Pasar Ekspor, Ini Ceritanya

Menteri Investasi yang juga Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia menegaskan, pemerintah akan terus mendorong dan mendukung pengembangan UMKM kriya di Provinsi Papua Barat Daya (PBD).

"UMKM kriya memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan perekonomian daerah. Oleh karena itu, kami akan memberi berbagai insentif dan kemudahan bagi pelaku UMKM kriya di Provinsi ini," tandas Menteri Bahlil.

Baca juga: Mendag Respons Desakan Pedagang di Pasar yang Minta E-Commerce Ditutup

Sebelumnya, Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas Pusat yang juga istri Menteri Bahlil, Sri Suparni Bahli dalam laporannya mengatakan Papua Barat Daya dipertimbangkan untuk dilaksanakan kegiatan Peningkatan Kompetensi UMKM Kriya dan Forum Kemitraan Investasi yakni, karena provinsi PBD merupakan salah satu dari empat provinsi yang baru terbentuk.

"Selain itu, saya juga sebelumnya berdomisili di sini, dan saya bercita-cita ingin menghadirkan ibu-ibu Menteri di Kota ini. Itulah juga salah satu alasan saya melaksanakan kegiatan ini di sini," akunya.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penandatangan surat kesepakatan kemitraan usaha, pemberian penghargaan Anugerah Kriya Potensial PBD dari Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas Pusat kepada pelaku usaha. Selain itu dilakukan penyerahan Nomor Induk Berusaha (NIB) dari Ketum Dekranas.

Turut hadir Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa'ad, Wali Kota Sorong Septinus Lobat, Pj Bupati Sorong, Yan Piet Moso, Anggota Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), Ketua Dekranasda PBD, dan para pelaku usaha. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat