visitaaponce.com

Media Indonesia-Pemkab Sukabumi bakal Gelar Geopark Ciletuh Run

Media Indonesia-Pemkab Sukabumi bakal Gelar Geopark Ciletuh Run
Asisten Daerah II Setda Kabupaten Sukabumi Deddy Chardiman memimpin rapat persiapan penyelenggaraan event Geopark Ciletuh Run 2023.(Dokpri.)

MEDIA Indonesia (Media Group Network) akan menggelar event Geopark Ciletuh Run 2023 di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pembahasan event yang rencananya digelar pada 17 Desember 2023 itu terus dimatangkan.

Pada Kamis (12/10), dilaksanakan pertemuan membahas persiapan Geopark Ciletuh Run 2023 di ruang rapat Dinas Koperasi dan UMKM di Cibolang, Kecamatan Cisaat. Pertemuan dihadiri perwakilan dari Media Indonesia (Media Group Network) serta Asisten Daerah II Setda Kabupaten Sukabumi Deddy Chardiman dan para pejabat dari beberapa dinas terkait.

Deputi Direktur Pengembangan Bisnis Media Indonesia, F Saiful Bachri, mengatakan keinginan menggelar Geopark Ciletuh Run 2023 tak lain merupakan upaya mengangkat potensi daerah yang dimiliki Kabupaten Sukabumi. Ini terkait keberadaan Geopark Ciletuh yang kembali mendapatkan sertifikat sebagai Global Geoprak dari UNESCO.

Baca juga: Penyakit Mulut dan Kuku Antar Repoter Media Indonesia Juara

"Agar pada pelaksanaan event nanti berjalan sukses, tentu harus dimatangkan berbagai persiapannya. Alhamdulillah, hari ini (Kamis) bisa melaksanakan pertemuan membahas berbagai persiapannya. Ini bukan yang pertama, tetapi sudah kesekian kali," kata Saiful, Kamis (12/10).

Saiful menuturkan potensi daerah, terutama alam, di Kabupaten Sukabumi sangat luar biasa. Karena itu perlu upaya lebih memperkenalkan berbagai potensi itu.

Baca juga: TPA Suwung Denpasar Terbakar Hebat, Puluhan Mobil Damkar Bergerak

"Geopark Ciletuh Run 2023 merupakan salah satunya. Event ini mengangkat geopark akan bisa dikenal lebih luas di tingkat nasional maupun internasional," ujarnya.

Sesuai rencana, event tersebut akan dilaksanakan pada 17 Desember 2023. Konsepnya, trek yang nanti dilalui para peserta menyusuri kawasan perdesaan. "Selain berlomba, para peserta juga sekaligus bisa menikmati pemandangan kawasan Geopark Ciletuh," jelasnya.

Jumlah peserta ditargetkan sebanyak 1.000 orang. Pantai Palangpang dipilih menjadi titik start.

"Ada dua kategori yakni lomba lari 6 kilometer dan 17 kilometer. Selain memperkenalkan potensi alam, kita juga perkenalkan berbagai produk UMKM dari Kabupaten Sukabumi serta penampilan seni dan budaya lokal," pungkasnya.

Asisten Daerah II Setda Kabupaten Sukabumi Deddy Chardiman mengatakan, Pemkab Sukabumi mengapresiasi event yang akan digelar Media Indonesia (Media Group Network). Deddy pun sepakat event itu tak hanya memperkenalkan potensi geopark, tetapi juga berbagai produk UMKM serta seni dan budaya Kabupaten Sukabumi.

"Event ini tentu selain mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga sekaligus juga bisa menikmati keindahan alam dan budaya Kabupaten Sukabumi di kawasan geopark. Alamnya sangat asri. Sangat cocok untuk menggelar event," kata Deddy.

Pemkab Sukabumi, tegas Deddy, tentu mendukung penuh pelaksanaannya. Deddy berharap event Geopark Ciletuh Run 2023 menjadi pintu pembuka bagi para wisatawan berdatangan ke kawasan tersebut.

"Apalagi nanti pesertanya diikuti pelari nasional dan internasional. Mereka mencari event seperti ini. Semoga dari event ini Geopark Ciletuh makin dikenal luas sehingga jadi tujuan bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara," pungkasnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat