visitaaponce.com

Tekan Lonjakan harga Beras BI Tegal Gelar Pasar Murah di Pemalang

Tekan Lonjakan harga Beras BI Tegal Gelar Pasar Murah di Pemalang
Kepala KPw BI Tegal Mawardi dan Bupati Pemalang Mansyur Hidayat tinjau stand pasar murah di Desa Loning, Pemalang(MI/Supardji rasban)

KANTOR Perwakilan Bank Indonesia Tegal, Jawa Tengah, kembali melakukan Operasi Pasar Murah bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang, Jumat (12/10).

Ada 400 paket sembako yang disediakan diantaranya beras 5 kg, minyak goreng 1 liter, dan gula pasir 1 kg. Operasi pasar murah digelar di Desa Loning, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang. Warga pun antusias menyambut kegiatan tersebut.

Kepala Perwakilan BI Tegal Marwadi mengingatkan warga agar belanja bijak di tengah kondisi beberapa komoditas seperti beras yang harganya sedang melambung.

Baca juga : Bulog Kalsel Menerima 3.500 Ton Beras Impor

"Pasar murah merupakan bagian dari upaya mengendalikan inflasi," ujar Marwadi.

Marwadi mengklaim jika stok sejumlah kebutuhan pokok masih mencukupi baik beras, gula, minyak goreng, dan komoditas

"Salah satu tugas Bank Indonesia menjaga kestabilan harga pangan, sekaligus mengendalikan inflasi," ujar Marwadi.

Baca juga : Warga Ciamis Antusias Antre Beli Beras di Operasi Pasar

Marwadi menjelaskan operasi pasar murah di Kabupaten/Kota Eks Karesidenan Pekalongan di 56 titik.

Kota Tegal tercatat mengalami inflasi sebesar 0,41% (mtm) meningkat ketimbang bulan sebelumnya mengalami yang sebesar 0.06% (mtm).  Realisasi tersebut berada di atas inflasi nasional yang tercatat inflasi sebesar 0,19% (mtm) dan sama dengan inflasi Provinsi Jawa Tengah sebesar 0,41% (mtm).

"Tahun 2023, inflasi IHK Kota Tegal diperkirakan tetap terjaga pada sasaran inflasi yaitu 3,0 ±1%. KPw BI Tegal senantiasa bersinergi dan berkoordinasi dengan TPIDserta instansi terkait lainnya dalam penguatan Program Gerakan Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) dengan fokus pada keterjangkauan harga, menjaga ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan mengelola ekspektasi masyarakat melalui komunikasi yang efektif diharapkan mampu menjaga inflasi Kota Tegal tahun 2023," papar Marwadi.

Bupati Pemalang Mansyur Hidayat  menyampaikan pasar murah yang digelar di Desa Loning, harganya lebih murah ketimbang harga di pasaran.

"Beras dijual dengan harga Rp10.800 lebih murah dibanding harga di pasaran yang Rp14.000 perkilogram. "Harapannya harga beras yang saat ini di pasaran Rp14.000,00 bisa turun. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat