visitaaponce.com

Warga Ciamis Antusias Antre Beli Beras di Operasi Pasar

Warga Ciamis Antusias Antre Beli Beras di Operasi Pasar
Warga mengantre untuk membeli bahan pokok saat Operasi pasar di Kantor Kecamatan Ciamis, sebanyak 4 ton beras habis, Senin (13/2/2023).(MI/Adi Krsitiadi)

PEMERINTAH Kabupaten Ciamis, Bank Indonesia dan Perum Bulog, menggelar operasi pasar murah untuk mengendalikan inflasi pangan. Operasi pasar digelar di Kantor Kecamatan Ciamis, sebanyak 4 ton beras disiapkan.

Dalam Operasi pasar ini, beras dijual seharga Rp9.400/kilogram atau Rp47 ribu per karung isi lima kilogram. Setiap orang hanya bisa membeli beras maksimal dua karung. Ratusan warga antusis mengantre untuk membeli beras dalam operasi pasar ini.

Kepala Bulog Subdrive Ciamis, Safaruddin mengatakan, pihaknya mendapat surat permintaan dari Pemkab Kabupaten Ciamis agar melakukan Operasi Pasar Murah. Semula disiapkan dua ton, namun melihat animo warga tinggi pasokan ditambah yang totalnya mencapai 4 ton.

"Dalam operasi pasar ini, kami menjual beras Rp9.400/kilogram. Harga ini lebih rendah dari harga eceran tertinggi (HET), yang dipatok oleh pemerintah sebesar Rp9.450/kilogram. Selain beras, kami juga sediakan tepung terigu, minyak goreng premium, gula pasir, daging dan lainnya. Untuk minyakita kami kesulitan jadi yang dijual minyak goreng premium," katanya, Senin (13/2/2023).

Bulog Ciamis, jelas Safaruddin, memiliki 400 ton beras dan sebagian besar beras impor. Dalam waktu dekat akan datang lagi dari pelabuhan ke gudang di Linggajaya, Kota Tasikmalaya dan diperkiraan jumlahnya 1.500 ton.

Sementara itu, Rahayu Aji, 44, warga Ciamis mengatakan, operasi pasar murah ini sangat membantu warga. Sebab selisihnya lumayan dengan harga beras di pasaran yang mencapai Rp13 ribu/kg. Harga minyak goreng premium juga masih terjangkau warga di tengah harga-harga kebutuhan pokok yang naik.

"Kami berharap operasi pasar bahan pokok ini diadakan berkelanjutan di Ciamis. Kenaikan harga-harga kebutuhan pokok saat ini sangat aneh, padahal seharusnya pemerintah bisa mengantisipasinya karena kejadian inikan berulang dan rutin hampir awal tahun," ujarnya. (OL-13)

Baca Juga: Bulog Sigli Gelontorkan 1.000 ton Beras untuk Kendalikan Harga

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat