visitaaponce.com

5 Partai di Ciamis Berkoalisi, PDIP Ajukan Nanang Permana sebagai Cabup

5 Partai di Ciamis Berkoalisi, PDIP Ajukan Nanang Permana sebagai Cabup
Lima partai di Kabupaten Ciamis sepakat berkoalisi dalam pemilihan kepala daerah 2024(MI/KRISTIADI)

JELANG pilkada, lima partai di Kabupaten Ciamis, yakni PDI Perjuangan, Demokrat, PKS, PPP dan PKB sepakat berkoalisi. Penandatanganan nota kesepahaman sudah dilakukan di salah satu rumah makan.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Ciamis Anjar Asmara mengatakan, kelima partai sepakat mengusung satu pasangan calon untuk maju pada pilkada. "Kita sepakat untuk mengomunikasikan kesepahaman kerja sama politik ini ke pimpinan masing-masing, baik di tingkat provinsi maupun pusat," tambahnya.

Dia mengaku belum bisa menyebutkan nama yang akan diusung sebagai calon bupati maupun calon wakil bupati. Dari lima partai, baru satu partai yang memberikan surat tugas, yakni Nanang Permana dari PDI Perjuangan.

Baca juga : Bawaslu Ingatkan Ada Potensi Gesekan Pada Tahapan Pilkada

"Nanang Permana sudah ditugaskan oleh internal partai untuk mengomunikasikan kerja sama koalisi 5 partai. Sesuai nota kesepahaman, kami akan menggodok siapa yang akan diusung untuk maju menjadi calon bupati dan wakil bupati Ciamis," paparnya.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Ciamis, Nanang Permana mengungkapkan, dirinya mendapatkan surat tugas dari partai untuk menggalang kerja sama politik dengan partai lain yang memiliki kesepahaman yang sama. Kerja sama politik dilakukan dalam rangka pemenangan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ciamis.

"Kami sepakat Pilkada 2024 di Kabupaten Ciamis bukan untuk menang-menangan kelompok, tapi kemenangan bagi rakyat. Jadi ini bukan koalisi, tapi kerja sama politik. Kalau koalisi itu kan waktunya hanya sejenak, tapi kerja sama politik dalam berbagai bidang terutama dalam pendidikan politik masyarakat," tandas Ketua DPRD Ciamis itu.  

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono menilai nota kesepahaman lima partai politik di Ciamis ini merupakan langkah maju, agar Ciamis lebih maju dari sekarang. PDI Perjuangan telah memberikan surat tugas kepada Nanang Permana, untuk melaksanakan konsolidasi di internal partai hingga membangun komunikasi kerja sama politik dengan partai lain.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat