visitaaponce.com

Bahlil Serahkan 600 NIB Para Pelaku UMKM Di Papua Barat Daya

Bahlil Serahkan 600 NIB Para Pelaku UMKM Di Papua Barat Daya
Menteri Investasi dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia saat membagikan NIB ke pelaku usaha di Papua Barat Daya(MI/Martinus Solo)

MENTERI Investasi Dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia membagikan sebanyak 600 Nomor Induk Berusaha (NIB), yang dilakukan secara simbolis kepada Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) perseorangan di Gedung Lambert Jitmau, Kota Sorong, Papua Barat Daya (PBD), Sabtu, (14/10).

Bahlil mengatakan, pemberian NIB merupakan bagian dari proses untuk memastikan pelaku usaha UMKM memiliki hak berusaha.

"Saya sudah serahkan 600 NIB hari ini. Alhamdulilah, ini adalah bagian dari proses agar mereka mendapatkan hak berusaha," kata Bahlil.

Baca juga : Dewan Adat Apresiasi Presiden Libatkan Anak Papua pada Perayaan HUT RI

Disampaikannya, pemerintah pusat telah meminta Pj. Gubernur Papua Barat Daya, Pj. Wali Kota Sorong dan Pj. Bupati Sorong, untuk dapat mendorong Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), aktif mendatangi para pelaku UMKM yang belum memiliki NIB.

Hal itu bertujuan untuk meningkatkan volume pelaku UMK yang memiliki NIB. Untuk pengurusan NIB sendiri, tambahnya, sangat mudah dan gratis, atau tidak dipungut biaya.

Baca juga : Rico Sia Dorong Permudah Izin Tambang di Papua Barat Daya

"Mudah sekali. Kamu dapat bikin NIB dalam HP, dan itu cepat, sehingga tidak ada dusta diantara kita. Jadi, buka sendiri, cek sendiri, dan langsung masuk dengan cepat. Selama masih ada internet, pembuatannya tidak lebih dari 20 menit dan langsung keluar jadi NIB," jelas Bahlil. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat