visitaaponce.com

Siti Atikoh Cerahkan Kehidupan dengan Terlibat di Komunitas Difabel

Siti Atikoh: Cerahkan Kehidupan dengan Terlibat di Komunitas Difabel
Siti Atikoh (kanan), istri capres 2024 Ganjar Pranowo, ingin terus berdedikasi dan terlibat dalam mendukung komunitas difabel.(Ist)

SITI Atikoh, istri calon presiden (capres) 2024 Ganjar Pranowo, ingin terus berdedikasi dengan terlibat dan mendukung komunitas difabel.

Ini dilakukan agar bisa memberikan inspirasi dan membawa perubahan positif yang nyata dalam kehidupan mereka.

Sejak awal, Siti Atikoh terlibat dalam berbagai organisasi yang peduli pada isu-isu difabel di Indonesia seperti jadi salah satu pendiri dan anggota aktif Perkumpulan Penyandang Cacat (PPC) Indonesia.

PPC Indonesia merupakan organisasi non pemerintah yang bertujuan memperjuangkan hak-hak penyandang cacat dan memperbaiki kualitas hidup mereka.

Baca juga: Jadi Pembicara di UGM, Atikoh Soroti Dampak Hoaks soal Gizi dan Kesehatan

"Melalui peran aktif di PPC ini, saya ingin mengedukasi masyarakat dan pemerintah mengenai pentingnya inklusi dan kesetaraan bagi penyandang cacat," ungkap Siti dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/10).

Dengan begitu, lanjut Siti, bisa memberikan dukungan bagi mereka yang seringkali terpinggirkan dan memperjuangkan berbagai kebijakan pro-difabel yang bermanfaat bagi masyarakat.

Siti menjelaskan ada beberapa kegiatan yang dilakukan selama ini untuk mendukung kelompok berkebutuhan khusus.

Di antaranya, membuka Kemah Pramuka untuk Kelompok Berkebutuhan Khusus di Jawa Tengah pada Juli 2023 lalu.

Pada acara itu, Siti Atikoh selaku Ketua Kwarda Jawa Tengah mengajak anak-anak berkebutuhan khusus untuk menggali potensi mereka.

"Jika potensi mereka diasah, hasilnya bisa sangat bermutu. Selain itu, saya juga mendorong orang tua dan pendamping untuk mengenali bakat dan mengasah kemampuan anak-anak berkebutuhan khusus," ucap Siti.

Baca juga: Kwarda Jateng: Gerakan Pramuka Dapat Mencegah Kasus Bullying

Selanjutnya, selaku Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Tengah, Siti Atikoh Ganjar Pranowo memberikan bantuan 340 kursi roda adaptif serta sepatu terapi kepada anak-anak penyandang disabilitas di Jawa Tengah pada Agustus 2023 lalu.

"Bantuan itu merupakan hasil kerja sama sister province antara Jawa Tengah dan Queensland di Australia," ungkap Siti.

Terakhir, Siti Atikoh bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga menerima kunjungan anak-anak difabel dari Rumah D Semarang di kediaman resmi Puri Gedeh, Semarang, pada September lalu.

Pada pertemuan tersebut, Siti bersama Ganjar berinteraksi dengan anak-anak difabel dan mendengarkan aspirasi mereka terkait negara.

"Mereka juga berbagi harapan terhadap kemajuan negara ini dan kami pun mendukung aspirasi mereka," pungkas Siti. (RO/S-2)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat