visitaaponce.com

Wagub Sulteng Perintahkan TPID Gencarkan Pasar Murah Beras

Wagub Sulteng Perintahkan TPID Gencarkan Pasar Murah Beras
Pasar Murah Sulteng(MI/Dwi Apriani)

TIM Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sulawesi Tengah, diinstruksikan agar rutin menggelar pasar murah. Wakil Gubernur Sulteng, Ma’mun Amir mengatakan, demi menjaga daya beli dan memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap beras pemerintah perlu melakukan intervensi yang serius.

Apa lagi, lanjutnya, harga beras di pasaran Sulteng saat ini semakin tinggi.

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Harga, Pemprov Jateng Gelar Gerakan Pasar Murah di Klaten

“Data dari Dinas Pangan Sulteng harga beras saat ini berkisar di angka Rp15.000 sampai Rp15.500 per kilo gram. Sudah tinggi sekali harganya,” terang Ma’mun di Palu, Jumat (20/10).

Menurutnya, kewaspadaan pemerintah di daerah perlu dilakukan sehingga bisa menjaga kebutuhan pangan tidak langka dan stabilitas inflasi tetap terukur.

Baca juga: Tekan Lonjakan harga Beras BI Tegal Gelar Pasar Murah di Pemalang

“Inflasi sudah mengancam, makanya beberapa potensi risiko inflasi harus menjadi perhatian,” ucap Ma’mun.

Sebagai upaya konkret memitigasi potensi risiko gejolak harga pangan di Sulteng, TPID telah diperintahkan untuk melakukan percepatan stabilisasi pasokan dan harga pangan.

Di mana, langkah tersebut meliputi menjaga frekuensi gerakan pangan murah atau operasi pasar dan sidak pasar, untuk memastikan keterjangkauan harga dan ketersediaan pasokan pangan.

Selain itu, perlu meningkatkan intensitas pengawasan oleh TPID dan Satgas Pangan demi menjaga operasi pasar yang bebas pungli dan berdampak pada masyarakat luas.

“Kita berharap dengan segala usaha ini bisa berdampak baik kedepan. Semoga inflasi terjaga dan harga beras bisa normal kembali,” tandas Ma’mun. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat