visitaaponce.com

Jelang Pancaroba, BPBD Yogyakarta Waspadai Ancaman Bencana

Jelang Pancaroba, BPBD Yogyakarta Waspadai Ancaman Bencana
Petugas mengamankan lokasi terjadinya pohon tumbang di Gunung Kidul, Yogyakarta.(Antara)

SEBAGIAN wilayah di DI Yogyakarta (DIY) sudah ada yang diguyur hujan. Berbagai pihak pun diimbau untuk bersiap memasuki musim pancaroba, peralihan musim kemarau ke musim penghujan. Persiapan akan potensi bencana alam yang di pancaroba dan musim hujan sudah mulai dilakukan oleh BPBD Yogyakarta.

Kepala Bidang Penanganan Darurat, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan BPBD DIY, Lilik Andi Aryanto menyampaikan, musim kemarau diperkirakan berlangsung hingga awal November 2023.

"Ancaman yang perlu diwaspadai pada masuknya musim penghujan, antara lain angin kencang, banjir, dan tanah longsor," terang dia, Kamis (19/10).

Baca juga: Kemendes PDTT Mendukung Reformasi Kalurahan Provinsi DIY

Para pemilik dan pengelola baliho dan papan reklame diimbau memeriksa struktur bangunannya. Selain itu, pohon-pohon juga diperiksa kekuatannya agar tidak tumbang saat musim penghujan. Pada tahun lalu, pohon, baliho, dan reklame juga ada yang roboh.

"Apalagi masa kampanye, banyak yang memasang baliho baik yang permanen atau bambu. Saat memasang, diperhatikan kekuatannya agar saat ada angin kencang baliho itu aman," pesan Lilik.

Baca juga: 92 Kalurahan di DIY Alami Kekeringan 

Berdasarkan BMKG, musim penghujan diprediksi akan berlangsung pada November 2023 dan puncaknya terjadi pada Februari 2024.

Selain baliho, reklame, dan pohon, pemerintah daerah dan masyarakat diminta memeriksa saluran irigasi yang tersumbat. Pasalnya, penyumbatan saluran irigasi bisa mengakibatkan bencana banjir saat musim penghujan.

Ia menyampaikan, pemetaan daerah rawan bencana telah dilakukan. Pihaknya juga mewanti-wangi agar dampak dari hujan lebat dan angin kencang bisa diwaspadai oleh semua pihak.

 

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat