visitaaponce.com

92 Kalurahan di DIY Alami Kekeringan

92 Kalurahan di DIY Alami Kekeringan 
Warga menyedot selang dengan mulut untuk mengalirkan air dari mata air di Padukan, Kalidadap, Selopamioro, Bantul, D.I Yogyakarta.(ANTARA/ANDREAS FITRI ATMOKO)

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DI Yogyakarta (DIY)mencatat 92 kalurahan di 34 kapanewon di empat kabupaten di DIY mengalami kekeringan akibat musim kemarau.

Kepala Bidang Penanganan Darurat, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan BPBD DIY Lilik Andi Aryanto menyampaikan bantuan air bersih yang disalurkan mencapai 25,3 juta liter di empat kabupaten, yaitu Kabupaten Gunungkidul sebanyak 19.190.000 liter, Bantul 3.475.000 liter, Kulon Progo 1.710.000 liter, dan Sleman 1.011.00 liter.

"Distribusi air bersih disalurkan melalui berbagai pihak, dari Dinas Sosial, BPBD kabupaten, kapanewon, Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak dan Balai Prasarana Wilayah Yogyakarta, PMI hingga pihak swasta," papar dia, Kamis (19/10).

Baca juga: SIG Salurkan 906 Ribu Liter Air Bersih untuk Bantu Masyarakat di Daerah Kekeringan

Selain kekurangan air bersih, pihaknya juga mencatat, musim kemarau mengakibatkan 145 kejadian karhutla pada Agustus hingga Oktober 2023. Warga diimbau meningkatkan langkah-langkah antisipatif dan waspada terhadap hal-hal yang bisa memicu karhutla.

Baca juga: Musim Tanam di Kalsel Bergeser akibat Kemarau

"Musim kemarau diperkirakan berlangsung hingga awal November besok," papar dia. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat