visitaaponce.com

1.596 Titik Panas Karhutla Terdeteksi di Sumatra

1.596 Titik Panas Karhutla Terdeteksi di Sumatra
Ilustrasi.(Freepik.)

TITIK panas atau hotspot sebagai indikator kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih terus terdekteksi di Sumatra. Saat ini terdapat 1.596 titik panas di Sumatra dengan jumlah terbanyak ditemukan di Sumatra Selatan.

"Jumlah titik panas di Sumatra terpantau 1.596 titik. Jumlah terbanyak terdeteksi di Sumatra Selatan sebanyak 1.214 titik," kata forecaster on duty Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru Anggun, Selasa (31/10).

Ia menjelaskan, selain Sumatra Selatan dengan 1.214 titik, jumlah titik panas cukup besar juga ditemukan di Lampung 293 titik, Jambi 36 titik, Bengkulu 21 titik, Riau dan Sumatra Barat masing-masing 11 titik, Bangka Belitung 8 titik, dan Kepulauan Riau 2 titik panas. "Sebanyak 11 titik panas di Riau semua berada di Kabupaten Indragiri Hulu," jelasnya.

Baca juga: 21 Kasus Karhutla Ditangani Polda Kalsel

Berdasarkan pantauan situs cuaca dan iklim ASEAN di www.asmc.asean.org diketahui kumpulan titik panas terdeteksi di Sumatra Selatan dan Kalimantan Selatan. Kondisi itu mengakibatkan kedua wilayah tersebut terselimuti oleh kabut asap karhutla. 

Adapun situs BMKG di www.bmkg.go.id melaporkan kualitas udara di Talang Betutu Palembang dalam status tidak sehat. Adapun kualitas udara di Pekanbaru dan Jambi dalam status sedang. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat