visitaaponce.com

Menghabiskan Anggaran Rp3 M, Pasar Mama-Mama di Sorong Akhirnya Diresmikan

Menghabiskan Anggaran Rp3 M, Pasar Mama-Mama di Sorong Akhirnya Diresmikan
Peninjauan di Pasar Mama-mama Papua yang baru diresmikan.(MI/Martinus Solo)

PENJABAT Wali Kota Sorong, Septinus Lobat, meresmikan Pasar Tertata Mama-Mama Papua yang berlokasi di Belakang Yohan, Kota Sorong, Papua Barat Daya (PBD), Jumat, (10/11). Peresmian diawali dengan penyerahan kunci pasar dari kontraktor kepada Plt. Kepala Dinas Perdagangan Kota Sorong, dan pengguntingan pita serta penandatanganan prasasti oleh Pj. Wali Kota.

Dalam laporannya, Plt. Kepala Dinas Perdagangan Kota Sorong, Tamrin Tajuddin menjelaskan, anggaran yang dikeluarkan untuk membangun pasar mama-mama papua sebesar Rp3.149.135.100, yang bersumber dari dana Otonomi Khusus (Otsus) Tahun Anggaran 2022.

“Sedang Rp881.454.202 untuk pembangunan talud dan drainase, yang bersumber dari dana Otsus tahun anggaran 2023. Maksud dan tujuan pembangunan pasar ini adalah, untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah, serta kepedulian Pj.Wali Kota dengan memberikan tempat berjualan yang layak bagi para pedagangan,” kata Tamrin.

Baca juga: DP3A Kota Sorong Gelar Nikah Massal 62 Pasang

Untuk Kendalikan Inflasi

Ditambahkan Tamrin, tujuan lain dari pembangunan pasar tersebut adalah, untuk menyerap tenaga kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat, serta untuk mengendalikan inflasi daerah. Sasaran dari kegiatan ini yaitu, untuk para pedagang, terlebih khusus pedagang mama-mama papua.

Sementara itu, Pj. Wali Kota dalam sambutannya menegaskan, digunakannya dana otsus untuk membangun pasar mama-mama papua, merupakan sasaran tepat yang telah dilakukan oleh Dinas Perdagangan Kota Sorong.

Baca juga: Pemkot Sorong Gelar Rembuk Stunting, Cari Solusi Terbaik

“Ini bersumber dari dana otonomi khusus, sehingga tepat sasarannya, yang mana kita melihat kelompok-kelompok orang asli papua berada, kita harus melakukan intervensi, dan ini adalah intervensi yang tepat,” ujarnya.

Oleh karena itu, dirinya mengajak ASN dan warga yang berlokasi di seputaran kompleks Yohan, agar dapat melakukan aktivitas belanja di pasar itu, sehingga uang tersebut dapat bermanfaat bagi mama-mama papua dan pedagang lainnya yang berdagang di pasar tersebut.

“Saya mengajak pegawai untuk dapat belanja di pasar ini, agar uang yang dibelanjakan dapat kembali ke orang papua. Saya juga menyampaikan apresiasi kepada warga yang berada di Belakang Yohan, karena pasar ini terwujud karena kebersamaan kita bersama,” tambahnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat