visitaaponce.com

KKB Bakar Rumah Honai dan Gedung SMPN 1 Gome di Papua

KKB Bakar Rumah Honai dan Gedung SMPN 1 Gome di Papua
SMPN 1 Gome, Papua Tengah yang dibakar KKB(MI/HO)

KELOMPOK Kriminal Bersenjata (KKB) terus berulah di Kabupaten Puncak, Papua Tengah. Kelompok separatis itu membakar rumah honai di Kampung Kunga, Distrik Ilaga, dan Gedung SMPN 1 Gome, Jumat (10/11) malam.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo mengungkapkan insiden tersebut diketahui setelah menerima laporan dari Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia, yang berada di lapangan. 

Kejadian bermula sekitar pukul 17.15 WIT, ketika gedung SMPN 1 Gome dilaporkan terbakar, diikuti oleh tembakan flare berwarna merah sebanyak 10 kali dari tiga arah yang berbeda.

Baca juga: Petugas Kesehatan di Distrik Amuma tidak Temukan Warga Sakit karena Kelaparan

"Beberapa menit kemudian, dari jarak sekitar 400 meter, terdengar tembakan yang mengarah ke Pos Kodim Persiapan, diduga dilakukan oleh KKB," kata Benny dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/11).

Personel keamanan kemudian memberikan tembakan balasan. Kelompok yang kerap melakukan teror itu melarikan diri menuju Kampung Kunga.

Lalu, pukul 20.45 WIT, polisi mendapatkan laporan yang menyebutkan bahwa satu Honai (rumah honai) juga terbakar. Dugaan kuat dilakukan oleh kelompok KKB yang melarikan diri.

Baca juga: Lima Petugas Kesehatan di Yahukimo Dianiaya KKB

Benny mengatakan aparat gabungan di Kabupaten Puncak tengah berupaya menangani situasi. Sambil meningkatkan tingkat keamanan, guna mencegah terjadinya insiden lanjutan pascaaksi tersebut.

"Aparat Gabungan sedang melakukan penyisiran dan penyelidikan lebih lanjut untuk mengidentifikasi pelaku di balik serangkaian kejadian ini," ucapnya.

Situasi ini menunjukkan eskalasi gangguan keamanan di wilayah Puncak, Papua tengah terus terjadi. Aparat keamanan terus berjuang menghadapi ancaman KKB demi menjaga kedamaian serta keamanan di Bumi Cenderawasih itu. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat