visitaaponce.com

Rincian Aksi Kejahatan Alenus Tabuni, Anggota KKB Papua yang Ditangkap Satgas

Rincian Aksi Kejahatan Alenus Tabuni, Anggota KKB Papua yang Ditangkap Satgas
Petugas menunjukkan foto anggota KKB Alenus Tabuni.(Satgas Damai Cartenz)

Polisi membeberkan peran anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua, Alenus Tabuni alias Kobuter. Alenus ditangkap Satgas Damai Cartenz 2024 di depan Puskesmas Distrik Ilaga, Kabuapten Puncak, Papua pada 18 Februari lalu.

Dalam catatan kepolisian, Alenus berperan penting dalam sejumlah aksi kejahatan yang terjadi di wilayah Kabuapten Puncak sejak 2021. Kepala Operasi Damai Cartenz-2024 Faizal Ramadhani mengatakan Alenus termasuk dalam kelompok KKB Goliath Tabuni.

"Namun, yang bersangkutan saat ini sedang bergabung bersama dengan KKB Papua pimpinan Numbuk Telenggen di wilayah Puncak," kata Faizal dalam keterangan tertulis, Rabu (21/2).

Baca juga : Polisi Selidiki Penyerangan KKB Papua terhadap Lima Pekerja Puskesmas

Kepala Satuan Tugas Hubungan Masyarakat (Kasatgas Humas) Operasi Damai Cartenz-2024 Bayu Suseno menambahkan Alenus Tabuni berperan dalam aksi-aksi kriminal di Kabupaten Puncak. Salah satunya, terlibat dalam tindak pindana pembakaran Basecame PT Unggul pada 11 februari 2021 di Kampung Jenggerpaga, Distrik Ilaga.

"Dalam aksinya itu, ia berperan mengambil minyak tanah dari dalam dapur lalu menyiram dan membakar," beber Bayu.

Bayu pun menjabarkan secara rinci sejumlah catatan kriminal Alenus. Pertama, pada 11 Februari 2021, ia terlibat dalam pembakaran basecame milik PT Unggul di Kampung Jenggerpaga, Distrik Ilaga.

Baca juga : Dua Korban Penembakan KKB Papua dari Anggota Brimob Polda NTT

Kedua, pada 14 April 2021 terlibat dalam penembakan tukang ojek atas nama Udin di dekat Balai kampung Eromaga yang mengakibatkan korban meninggal dunia.

Ketiga, melakukan pemukulan terhadap kepala Distrik Gome atas nama Nius Tabuni di Distrik Gome, pada 24 April 2021 .

Keempat, terlibat dalam peristiwa penembakan anggota TNI di Kampung Undome, Distrik Gome, pada 3 Mei 2021. Anggota TNI selamat dari peristiwa ini.

Baca juga : Anggota KKB Pembakar Sekolah di Papua Tengah Ditangkap

Kelima, terlibat dalam pembakaran bangunan pariwisata di seputaran Bandara Udara Aminggaru, Distrik Ilaga, pada 9 Mei 2021.

Keenam, hendak melakukan pembakaran terhadap truk yang digunakan aparat TNI-Polri di sekitar lokasi bagunan parawisata seputaran Bandara Udara Aminggaru, Distrik Ilaga, pada 11 Mei 2021. Namun, niatnya itu tidak terlaksana karena truk yang ditargetkan telah berpindah tempat.

Ketujuh, pada 3 Juni 2021, terlibat dalam penembakan terhadap seseorang bernama Habel Alengpen yang mengakibatkan korban meninggal dunia.

Baca juga : DPR Kutuk Keras Pembunuhan Aktivis Perempuan Papua

Kedelapan, Alenus Tabuni kembali melakukan perusakan dan pembakaran rumah warga dan sejumlah fasilitas di Bandara Aminggaru Ilaga.

Ke-9, pada 16 Agustus 2021, terlibat dalam kontak senjata dengan anggota TNI di Kampung Welenggaru dan kampung Kugibur, Distrik Gome Utara.

Ke-10, pada 18 Agustus 2021 terlibat dalam kontak senjata dengan anggota TNI di Kampung Mundidok dan Kampung Tuanggi, Distrik Ilaga. Tak ada korban dalam baku tembak tersebut.

Baca juga : Soal Pembebasan Pilot Susi Air, Presiden: Kita Kedepankan Negosiasi

Terakhir, pada 4 Februari 2024, terlibat lagi dalam kontak tembak dengan aparat keamanan TNI-Polri pada area PT Unggul di Kampung Jenggerpaga, Distrik Ilaga.

"Peran lainya dalam catatan kriminal di Kabupaten Puncak adalah membantu pimpinan KKB, Numbuk Telenggen, membawakan amunisi dan senjata api saat terjadi kontak tembak, termasuk menyimpan serta mengamankan Amunisi beserta senjata api," tandas Bayu.

Alenus Tabuni alias Kobuter kini berada di Posko Operasi Damai Cartenz 2024 di Kabupaten Puncak. Dia diamankan dalam rangka kepentingan penyidikan dan mempertanggung jawabkan perbuatannya di hadapan hukum. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat