visitaaponce.com

Gangguan Kamtibmas Lampung di 2024 Alami Penurunan

Gangguan Kamtibmas Lampung di 2024 Alami Penurunan
Kapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika.(Dok. MI)

POLDA Lampung mengungkap data gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayahnya menunjukkan tren penurunan di tahun 2024. Sementara itu, penyelesaian tindak kejahatan mengalami peningkatan sepanjang Januari—April 2024.

Angka penurunan gangguan Kamtibmas mencapai 0,5% atau turun 20 kasus dari total 5.355 kasus pada periode Januari sampai dengan April 2024. Data ini dibandingkan pada periode yang sama pada 2023 mencapai total 5.375 kasus.

Catatan positif juga terjadi pada tingkat penyelesaian tindak kejahatan pada tahun ini mencapai 81,4% atau meningkat 907 kasus dari total penanganan 2.021 kasus, dibandingkan periode yang sama tahun lalu mencapai 1.114 kasus.

Baca juga : Kapolda Lampung Tegas tidak Boleh Ada Aksi Premanisme

"Capaian ini merupakan keberhasilan kita bersama dalam menekan dan menangani tindak kejahatan di Lampung," ujar Kapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika di Mapolda Lampung, Lampung Selatan, pada Sabtu (18/5).

Helmy mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasi kepada seluruh stakeholder terkait, khususnya masyarakat yang sudah berperan aktif turut serta menjaga kekondusifan kamtibmas di Lampung.

Menurutnya, kondusifnya situasi kamtibmas saat ini menjadi modal utama yang harus dapat dipertahankan dan ditingkatkan.

Baca juga : Perangi C3 hingga Senpi Ilegal, Polda Lampung Gelar Operasi Sikat Krakatau

Pasalnya, Lampung akan menghadapi sejumlah agenda kegiatan penting seperti ajang World Surf League (WSL) Krui Pro 2024, Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, hingga Pilkada serentak.

"Capaian ini menjadi semangat kita bersama, untuk terus bekerja dan menyukseskan setiap agenda besar di Lampung. Agenda nasional dan internasional ini merupakan tanggung jawab bersama agar pelaksanaannya dapat berjalan aman, lancar, dan tertib, " ucapnya.

Helmy juga menjelaskan survei Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lampung terhadap tingkat kepercayaan masyarakat kepada Polda Lampung. Hasil survey menunjukan indeks kepercayaan masyarakat terhadap kinerja-kinerja kepolisian Daerah Lampung mencapai 76,4%.

"Kepercayaan publik yang tinggi ini adalah harga mati harus terus ditingkatkan, sehingga akan mampu mewujudkan stabilitas Kamtibmas yang kondusif, program-program pemerintah dapat berjalan dengan sukses, serta terwujudnya Indonesia yang maju, berdaulat, adil, dan makmur," tandas jenderal bintang dua tersebut.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat