visitaaponce.com

Soal Pembebasan Pilot Susi Air, Presiden Kita Kedepankan Negosiasi

Soal Pembebasan Pilot Susi Air, Presiden: Kita Kedepankan Negosiasi
Presiden Jokowi memberikan pernyataan pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.(MI/Indriyani Astuti)

Presiden Joko Widodo mengungkapkan proses negosiasi dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) untuk membebaskan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens masih terus dilakukan.

"Kita akan terus berusaha, bernegosiasi. Sebetulnya banyak hal yang kita lakukan di sana tetapi tidak bisa saya buka di sini," ujar Jokowi di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Senin (3/7).

Saat ini Kapten Philip tengah disandera KKB yang dipimpin Egianus Kogoya. Sebagai syarat pembebasan warga Selandia Baru itu, mereka meminta tebusan uang, pasokan senjata api, hingga deklarasi kemerdekaan.

Baca juga: Panglima TNI tak Mau Gunakan Senjata Bebaskan Pilot Susi Air

Sebelumnya, Panglima TNI Yudo Margono mengatakan pihaknya tidak mau menggunakan senjata dalam upaya pembebasan pilot. Menurutnya, cara tersebut akan memberi dampak buruk kepada warga yang berada di daerah setempat.

Dia telah memerintahkan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III Agus Suhardi untuk terus melakukan negosiasi.

Baca juga: Polisi Sebut KKB Minta Tebusan Pilot Susi Air Sebesar Rp5 Miliar

“Tenggat waktunya tidak bisa ditentukan. Yang jelas saya sampaikan kepada Pak Pangkogabwilhan III maupun Pak Pangdam untuk terus melaksanakan negosiasi, mendahulukan para tokoh agama, tokoh masyarakat yang saat ini dijalankan oleh Pak Pj Bupati Nduga.Kita tunggu saja," tutur Yudo. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat