visitaaponce.com

Dubes Selandia Baru Kevin Jeffry Burnet Bertemu Kapolda Papua Bahas Pembebasan Pilot Susi Air

Dubes Selandia Baru Kevin Jeffry Burnet Bertemu Kapolda Papua Bahas Pembebasan Pilot Susi Air
Dubes Selandia Baru mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia yang terus berupaya membebaskan Pilot Susi Air Philip Mark Merhtens(Polri)

DUTA Besar Selandia Baru, Kevin Jeffry Burnet bertemu Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri, membahas pembebasan Pilot Susi Air Philip Mark Merhtens yang disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya. Pertemuan itu juga dihadiri Kepala Operasi Damai Cartenz-2024 Kombes Faizal Ramadhani bersama Pejabat Utama Polda Papua dan Pejabat Utama Ops Damai Cartenz-2024. 

Burnet mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia yang terus berupaya membebaskan warga negaranya, yang telah satu satuh disandera KKB di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan

"Kami hanya akan berkomunikasi dengan pejabat negara yang berkompeten di Indonesia terkait pembebasan pilot Philip," Kata Dubes Selandia Baru dalam keterangan tertulis, Kamis (8/2).

Baca juga : TNI akan  Bertemu KKB Untuk Pembebasan Pilot Susi Air Philip Merhtens

Pada pertemuan yang terjadi pada Rabu (7/2) itu, Burnet juga menyampaikan belasungkawa kepada Polri atas gugurnya anggota dalam tugas di Papua dan menegaskan Papua merupakan bagian integral dari NKRI.

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri, menyampaikan berbagai langkah telah diambil untuk membebaskan pilot. Meskipun sudah maksimal, pihaknya tetap berupaya untuk mendapatkan hasil yang baik dalam pembebasan Philip.

Ka Ops Damai Cartenz-2024, Kombes Faizal Ramadhani menyampaikan, Polri telah membentuk Operasi Damai Cartenz untuk melakukan penanganan terhadap Kelompok Separatis yang ada di Wilayah Hukum Polda Papua. Termasuk menangani pascakejadian penyanderaan Pilot Susi Air Kapten Philips Mark Methrtens.

Baca juga : Kemenlu Sebut Selalu Jalin Komunikasi dengan Selandia Baru soal Upaya Pembebasan Pilot Susi Air

"Polri juga membentuk Operasi khusus pembebasan Sandera dengan sandi “OPS PARO," ujarnya.

Kasatgas Humas ODC-2024, AKBP Bayu Suseno mengatakan, Polri melalui Polda Papua dan Ops Damai Cartenz-2024 tetap membangun komunikasi dengan Pihak Dubes Selandia Baru dalam upaya membebaskan Pilot Susi Air dari penyanderaan tersebut. Pertemuan ini mencerminkan upaya bersama antara Indonesia dan Selandia Baru dalam menangani situasi penyanderaan tersebut dan memastikan keselamatan pilot Philip Mark Merhtens.

Pilot Susi Air disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya pada 7 Februari 2023. Philip disandera kelompok separatis itu saat mendarat di Bandar Udara Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Baca juga : PM Selandia Baru Minta RI Segera Bebaskan Kapten Philip Mehrtens dari KKB Papua

Philip ditawan, sedangkan pesawatnya dibakar. Motif penyanderaan orang asing ini untuk Papua Merdeka. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat