visitaaponce.com

Pemkab Cianjur Maksimalkan Peran KSM Tangani Sampah

Pemkab Cianjur Maksimalkan Peran KSM Tangani Sampah
TPA Pasirsembung di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (9/11).(MI/BENNY BASTIANDY)

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, akan memaksimalkan peran kelompok swadaya masyarakat (KSM) untuk menangani volume sampah. Langkah itu dilakukan lantaran kondisi TPA Pasirsembung yang sudah mengalami kelebihan kapasitas.

Bupati Cianjur Herman Suherman menuturkan, penanganan sampah di Kabupaten Cianjur menjadi hal penting yang mesti dipikirkan pemerintah daerah. Kondisi TPA Pasirsembung yang sebagian besar lahannya beralihfungsi menjadi ruang terbuka hijau, diperkirakan hanya mampu menampung sampah dua bulan ke depan.

"Jadi, penanganan sampahnya harus dari hulu. Kami sudah melaksanakan rakor (rapat koordinasi) dalam rangka penanganan sampah ini. Kita ingin memberdayakan KSM-KSM yang melibatkan masyarakat dan pemuda," kata Herman, Senin (13/11).

KSM ini nantinya berperan mengumpulkan sampah. Kemudian dipilah jenis sampah yang dibuang ke TPA. Sisanya bisa diolah untuk menghasilkan pendapatan secara finansial.

"Kami pemerintah akan memfasilitasi. Kita nanti agendakan studi banding ke daerah yang sudah berhasil mengolah sampah. Kita akan fasilitasi peralatannya dan juga tempat. Yang penting masyarakat ada kemauan. Kita juga coba maksimalkan kembali TPS 3R yang selama ini banyak yang tidak berjalan," tuturnya.

Dengan pola seperti itu, lanjut Herman, maka diharapkan volume sampah yang dibuang ke TPA Pasirsembung bisa berkurang. Sehingga diharapkan bisa memperpanjang usia teknis TPA sambil menunggu selesainya pembangunan TPA dan TPST di Kecamatan Cikalongkulon.

Baca juga:

TPA Purbahayu Ditutup, Tumpukan Sampah Berserakan di Pangandaran

TPID Cianjur Intensifkan Penetrasi Harga dan Kecukupan Komoditas

"Di Cikalongkulon direncanakan pada Desember (mulai dibangun). Itu merupakan proyek pemerintah pusat. Selesainya diperkirakan Oktober 2024. Sehingga kami pemerintah daerah harus memikirkan penanganan sampah sampai selesainya pembangunan," tegas Herman.

Solusi lain mengurangi volume sampah yakni dengan mendaur ulang menjadi pupuk organik. Herman sudah berkomunikasi dengan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan agar bisa mengolah sampah
menjadi pupuk organik.

"Buangan sampah ke TPA Pasirsembung hanya bisa menampung sekitar 40 ton setiap hari. Dengan adanya pemilahan bisa saja nanti berkurang menjadi 2-4 ton. Sisanya diolah KSM dan juga bisa diolah menjadi pupuk organik," katanya.

Herman menegaskan relokasi TPA ke Kecamatan Cikalongkulon sebetulnya sudah direncanakan sejak lama. Rencananya jauh sebelum terjadi gempa bermagnitudo 5,6 hampir setahun lalu.

"Sebetulnya bukan terlambat. Dampak dari bencana alam (gempa bumi), maka TPA Pasirsembung diubah fungsinya jadi RTH karena dikhawatirkan akan berdampak terhadap hunian tetap yang jaraknya berdekatan. Terlebih memang di TPA Pasirsembung sudah over kapasitas," pungkasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat