visitaaponce.com

Jelang Akhir Tahun Pemprov Kalsel Galakkan Pasar Murah

Jelang Akhir Tahun Pemprov Kalsel Galakkan Pasar Murah
Ilustrasi - Pemprov Kalimantan Selatan menggelar pasar murah 13 kabupaten/kota guna membantu warga memperoleh kebutuhan pokok.(MI/Rendy)

JELANG akhir tahun harga sejumlah kebutuhan pokok di Provinsi Kalimantan Selatan terus bergerak naik. Pemprov Kalsel menggalakkan kegiatan pasar murah di 13 kabupaten/kota guna membantu warga memperoleh kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

Salah satu kegiatan pasar murah dilaksanakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kalsel bekerjasama dengan Badan Pangan Nasional di Banjarbaru. "Pasar murah kembali kita laksanakan untuk menjaga stabilitas harga pangan menjelang natal dan tahun baru (nataru)," ungkap Kepala Dinas PKP Kalsel, Syamsir Rahman, Sabtu (25/11).

Kegiatan pasar murah yang merupakan bagian gerakan pangan murah, digelar di halaman kantor DPKP Kalsel di Banjarbaru, 24 November- 3 Desember 2023. "Kita harapkan pasar murah ini dapat membantu masyarakat, di tengah kondisi harga kebutuhan pokok yang tinggi saat ini," kata Syamsir.

Baca juga: YLKI Desak Pemprov Kalsel Stabilkan Harga Kebutuhan Pokok

Dalam pasar murah kali ini dijual berbagai macam kebutuhan pokok berupa beras, gula, minyak goreng, tepung terigu, telur, daging, dan bawang. Beragam kebutuhan pokok ini dijual jauh lebih murah dibandingkan harga di pasaran.

Karena itu kegiatan pasar murah ini mendapat antusias masyarakat. "Gerakan pangan murah ini merupakan tindaklanjut dari arahan Gubernur Kalsel untuk membantu masyarakat kurang mampu, serta upaya menurunkan inflasi," tutur Syamsir.

Baca juga: Warga Antusias Beli Komoditas pada Gelar Pangan Murah

Sebelumnya Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendesak Pemprov Kalsel menstabilkan harga dan memastikan kecukupan kebutuhan pokok masyarakat. "Harga kebutuhan pokok terus bergerak naik sementara daya beli masyarakat cenderung menurun. Disisi lain penghasilan atau gaji kelompok pekerja atau swasta jauh lebih rendah dari standar kebutuhan hidup layak," tutur Ketua YLKI Kalsel, Murjani. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat