visitaaponce.com

Plh Sekda Sukabumi Sidak Pasar Pantau Harga dan Stok Barang Jelang Idul Adha

Plh Sekda Sukabumi Sidak Pasar Pantau Harga dan Stok Barang Jelang Idul Adha
Plh Sekda Kabupaten Sukabumi, Toha Wildan Athoilah (tengah), berbincang dengan pedagang daging sapi di Pasar Cisaat(MI/BENNY BASTIANDY)

PEMERINTAH Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mulai memantau ketersediaan dan harga berbagai kebutuhan pangan menjelang Idul Adha 1445 Hijriah.
Pemantauan dilakukan dengan melakukan sidak lapangan, salah satunya ke Pasar Cisaat.

Pejabat Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Toha Wildan Athoilah, mengatakan sidak dilaksanakan untuk memastikan berbagai komoditas kebutuhan masyarakat mencukupi menjelang Idul Adha 1445 Hijriah.

Sementara ini, tutur dia, stok berbagai komoditas pangan masih mencukupi kebutuhan.

Baca juga : Harga Berbagai Komoditas di Kota Sukabumi Cenderung Stabil

"Dari hasil sidak kami tak menemukan adanya kekurangan stok atau persediaan berbagai kebutuhan pangan masyarakat," ungkapnya, Kamis (6/6).

Beberapa komoditas menjadi fokus pengawasan karena bisa memengaruhi laju inflasi. Di antara komoditas itu yakni daging ayam, daging sapi, bawang merah, minyak goreng, telur ayam, serta terigu.

"Tak hanya stok yang mencukupi, pasokan juga cukup lancar," ujarnya.

Baca juga : Harga Kebutuhan Pokok di Kota Sukabumi Fluktuatif Jelang Nataru

Namun Toha tak memungkiri, ada beberapa komoditas yang permintaannya mulai meningkat dua pekan menjelang Idul Adha. Tapi sejauh ini permintaan masih bisa terpenuhi sehingga tak berdampak terhadap pergerakan harga.

"Kalau fluktuasi harga memang sudah terjadi. Tapi pergerakannya masih dalam batas normal. Makanya, sidak ini perlu kami lakukan agar ketika terjadi instabilitasi pada harga maupun stok dan pasokan, kami di pemerintah daerah bisa mengambil langkah untuk mengantisipasi agar tak berdampak terhadap inflasi," tegas dia.

Toha mengimbau masyarakat tak perlu khawatir dengan persediaan komoditas karena relatif mencukupi. Terlebih, permintaan barang menghadapi Idul Adha tidak akan setinggi menjelang Idul Fitri.

"Pada intinya, sampai sekarang harga masih cenderung stabil serta stok dan pasokan berjalan normal," pungkasnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat