visitaaponce.com

Anak Gajah Mati Akibat Terkena Jeratan di Taman Nasional Teso Nilo Riau

Anak Gajah Mati Akibat Terkena Jeratan di Taman Nasional Teso Nilo Riau
Seekor anak gajah Sumatra mati akibat terkena jeratan di Taman Nasional Teso Nilo, Riau.(Metro TV)

SEEKOR anak gajah Sumatra mati akibat terkena jeratan di sekitar Taman Nasional Teso Nilo, Kabupaten Pelalawan, Riau. Kematian hewan dilindungi ini meningkat karena maraknya perburuan liar dan kerusakan habitat.

Karyawan perusahaan perkebunan menemukan anak gajah Sumatra itu dalam kondisi memprihatinkan. Kaki kanan depan hewan langka ini terkena jeratan tali nilon. Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau sempat berupaya menyelamatkan anak gajah berbobot 500 kilogram. Namun, hewan mamalia ini tidak tertolong. 

Tim medis langsung melakukan nekropsi atau bedah organ untuk mengetahui penyebab kematian gajah. Dari hasil penyelidikan sementara diketahui anak gajah berumur dua tahun mati karena mengalami infeksi berat di bagian kaki dan kerusakan organ dalam.

Baca juga: Bayi Gajah Sumatra Kembali Lahir di Taman Nasional Way Kambas

"Berdasarkan identifikasi dari tim medis pada kaki gajah sebelah kanan depan ternyata ada lilitan tali nilon yang diduga lilitan kaki nilon itu sudah terpasang, bagaimana terpasangnya masih melakukan penyelidikan," ujar Kepala BBKSDA Riau Genman S Hasibuan. 

"Saat ditemukan, anak gajah itu sudah tidak mau bergerak, ketika didekati, mengeluarkan suara keras dan terbaring. Ketika dokter hewan melakukan pengecekan, gajah tersebut sudah mati."

Baca juga: Menyoal Kesehatan Gajah di Kampus Unpad

Diduga, jeratan yang melilit kaki gajah ini sengaja dipasang pemburu liar. Polisi setempat masih menyelidiki kasus kematian hewan dilindungi ini. Kematian gajah Sumatera terjadi setiap tahun di Riau.

Saat ini populasi gajah Sumatra di provinsi ini tersisa hanya 300 ekor. Gajah mati akibat perburuan liar, kerusakan habitat dan perluasan areal perkebunan. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat