visitaaponce.com

Tanah Longsor Putus Jalur Kereta Jakarta-Yogyakarta di Banyumas

Tanah Longsor Putus Jalur Kereta Jakarta-Yogyakarta di Banyumas
Jalur kereta api antara Purwokerto, Jawa Tengah, ke arah Cirebon dan Jakarta terputus di Desa Gununglurah, Kecamatan Cilongok, Banyumas.(MI/Lilik Darmawan.)

HUJAN deras yang mengguyur sejumlah kabupaten di Jawa Tengah (Jateng) mengakibatkan tanah longsor dan banjir. Bahkan, longsor telah memutus jalur kereta api (KA) antara Jakarta-Yogyakarta, tepatnya di Banyumas.

Jalur KA yang putus tersebut tepatnya di Desa Gununglurah, Kecamatan Cilongok, Banyumas. Tebing setinggi 30 meter longsor dan menimpun rel ganda KA. Meski tidak ada korban jiwa atau mengenai KA yang lewat, tetapi jalur tengah KA penghubung antara Purwokerto ke arah Cirebon dan Jakarta terputus sejak Senin (4/12/2023) dini hari.

Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Feni Novida Saragih mengatakan peristiwa longsor di jalur rel tersebut tepatnya di KM 340+100 antara Stasiun Karanggandul-Karangsari. "Hujan deras yang mengguyur wilayah setempat membuat tebing longsor. Pada awalnya, peristiwa terjadi pada pukul 00.58 WIB. Kemudian ada longsor yang lebih besar lagi pada jam 04.27. Rel yang tertimbun panjangnya mencapai 50 meter," jelas Feni.

Baca juga: Longsor di Purwokerto, Perjalanan KA DAOP 3 Cirebon Harus Memutar

Pihaknya mengerahkan tiga alat berat untuk menyingkirkan material longsor. Salah satu alat berat berada di kereta track gaude (TG). "Selain alat berat, ada 60 personel yang dikerahkan di lokasi peristiwa," katanya.

Dengan lumpuhnya jalur tengah, sejumlah KA harus berjalan memutar. "Hingga siang ini ada 26 KA yang harus memutar perjalannnya melalui jalur utara. Adapun KA-KA dari Jakarta menuju Surabaya dan Yogyakarta maupun sebaliknya masih dialihkan memutar melalui lintas utara seperti lintas Semarang Tawang-Solo dan lintas Cirebon," jelasnya.

Baca juga: Akibat Longsor di Banyumas, Sejumlah KA Dijalankan Memutar

PT KAI Daop 5 Purwokerto menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan pelanggan karena ada jalur rel yang terdampak longsor akibat curah hujan tinggi. "Untuk penumpang KA yang terdampak keterlambatan perjalanan KA, Daop 5 Purwokerto telah memberikan service recovery atau kompensasi kelambatan KA. KAI Daop 5 Purwokerto tetap berkomitmen menjaga keselamatan perjalanan KA," katanya.

Bencana longsor juga dilaporkan terjadi di Desa Klinting, Kecamatan Somagede. Longsor yang terjadi mengakibatkan seorang warga tewas dan beberapa penduduk lain luka-luka. Korban tewas ialah Komarudin, 21. Peristiwa longsor tersebut terjadi pada saat korban tengah tertidur sekitar pukul 03.30.

Kepala Pelaksana BPBD Banyumas, Budi Nugroho mengatakan tanah longsor terjadi akibat intensitas hujan yang cukup tinggi. "Karena eskalasi hujan cukup deras dan lama, kemudian terjadilah longsor. Longsor ini menimpa rumah dan mengakibatkan satu orang meninggal dan beberapa di antaranya luka-luka," katanya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat