visitaaponce.com

Longsor di Purwokerto, Perjalanan KA DAOP 3 Cirebon Harus Memutar

Longsor di Purwokerto, Perjalanan KA DAOP 3 Cirebon Harus Memutar
Jalur kereta api (KA) antara Purwokerto ke arah Cirebon dan Jakarta terputus di Desa Gununglurah, Kecamatan Cilongok, Banyumas.(MI/Liliek Darmawan)

PERJALANAN kereta api yang melintasi wilayah Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon, Provinsi Jawa Barat, mengalami gangguan akibat tanah longsor yang terjadi di jalur kereta api di wilayah Daop 5 Purwokerto.

Berdasarkan informasi yang dihimpun km 34+100 antara Stasiun Karanggandul-Karangsari tertimbun material longsoraan yang terjadi pada Senin (4/12) dini hari. 

Longsor terjadi akibat curah hujan yang tinggi sehingga berakibat  jalur kereta api  baik hulu-hilir di wilayah tersebut untuk sementara tidak dapat dilintasi.

Baca juga : Akibat Longsor di Banyumas, Sejumlah KA Dijalankan Memutar

"PT KAI Daop 3 Cirebon mengucapkan permohonan maaf atas gangguaan perjalanan kereta api karena cuaca buruk," tutur Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Rokhmad  Makin Zainul, Senin (4/12). 

Untuk sementara  jalur kereta api yang ada di wilayah Daop 5 Purwokerto tidak bisa dilalui. Petugas KAI, lanjut Rokhmad, masih terus berupaya melakukan normalisasi jalur.  "Beberapa perjalanan kereta yang melintasi wilayah Daop 3 Cirebon dialihkan memutar," tutur Rokhmad.

Baca juga : Jelang Akhir Tahun, Garuda dan KAI Tebar Diskon Harga Tiket

Selanjutnya KAI Daop 3 Cirebon melakukan sejumlah langkah berupa perubahan pola operasi perjalanan. Keberangkatan KA Ranggajati tadi pagi lewat Semarang - Gundih - Solo lanjut ke tujuan akhir Stasiun Jember.

KA dari Jakarta dengan tujuan Surabaya/Solo/Yogyakarta, seperti KA Fajar Utama Solo, KA Argo Semeru, memutar lewat jalur utara Semarang - Gundih - Solo. KA dari Yogyakarta dengan tujuan Jakarta, memutar lewat Kroya - Bandung - Cikampek. 

Untuk penumpang yang perjalanannya terdampak, 
terutama tujuan Purwokerto, disiapkan bus oleh KAI sebagai upaya oper stapen. KAI  Daop 3 Cirebon juga memastikan penumpang di stasiun Cirebon masih kondusif. (Z-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat