visitaaponce.com

Aksi Budaya Melarung Boneka Ade Armando

Aksi Budaya Melarung Boneka Ade Armando
Aksi budaya larung sukerta (sampah) boneka dengan foto Ade Armando di Sungai Gajahwong, Yogyakarta, Selasa (5/12).(MI/Ardi.)

KELOMPOK budaya Patembayan Nusantara menggelar aksi budaya Larung Sukerta di Sungai Gajahwong, tepatnya di Taman Wisata Legawong, Gambiran, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Selasa (5/12).

Acara diawali dengan berjalan kaki dari pinggir sungai sembari memanjatkan doa. Sesampai di sungai, aksi budaya kemudian dilanjurkan dengan melarung boneka dengan wajah Ade Armando.

Baca juga: Masyarakat Yogyakarta di Jakarta Anggap Ade Armando Penghina Sejarah Kemerdekaan RI

Koordinator Patembayan Nusantara Pedro Indarto menyampaikan Larung Sukerta dalam arti harafiahnya ialah melepaskan sukerta atau sampah. "Aksi budaya untuk membersihkan Yogyakarta dari pengaruh jahat Ade Armando," kata dia.

Larung Sukerta sekaligus langkah perlawanan rakyat Yogyakarta dalam menjaga harmonisasi masyarakat Yogyakarta. "Laku budaya tanpa kekerasan ialah jalan pilihan tegak lurus melawan kedunguan nalar dalam melihat sejarah maupun konstitusi," kata dia.

Baca juga: PSI Tegur Keras Ade Armado Terkait Pernyataan Soal Dinasti Politik DIY

Ia pun menyerukan agar warga Ngayogyakarta bersatu menjaga demokrasi yang penuh etika dan laku nyata kebudayaan. Aksi ini merupakan respons atas pernyataan Ade Armando yang menyinggung soal politik dinasti di DIY. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat