visitaaponce.com

PLN Jamin Pasokan Listrik selama Libur Nataru

PLN Jamin Pasokan Listrik selama Libur Nataru
Petugas PLN melakukan perbaikan dan perawatan untuk mengoptimalkan jaringan listrik di Banda Aceh, Aceh, Kamis (28/4/2022).(ANTARA/IRWANSYAH PUTRA)

PT PLN (Persero) mempersiapkan seluruh kekuatannya dengan tujuan agar perayaan Hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) bisa berjalan dengan lancar.

"Untuk itu kami mempersiapkan secara komprehensif dan paripurna. Dari persiapan pasokan bahan bakarnya, baik itu batu bara, baik itu gas maupun LNG, baik itu BBM semua kami pastikan bahwa pasokan bahan bakar energi primernya dalam kondisi aman," ucap Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo di Jakarta pada Rabu (20/12).

Kemudian, PLN juga mempersiapkan seluruh pembangkit, baik yang dimiliki dan dioperasikan oleh PLN, maupun pembangkit yang dimiliki mitra-mitra dalam kondisi siap dan siaga.

Baca juga: PLN Ajak Pelanggan Dukung Penggunaan Energi Ramah Lingkungan

"Kami memastikan bahwa sistem transmisi kami, sistem kendali kami di setiap wilayah dari gardu induknya juga siap. Kami tadi cek P2B Gandul, P3B Sumatera, P3B Kalimantan, P3B Sulawesi dan juga di kawasan timur Indonesia kesiapan dan setiap sistem di wilayah tersebut dalam kondisi yang siaga, sudah siap semuanya dalam analisis semuanya beban dalam pasokan dalam kondisi aman," tegasnya.

PLN juga mengerahkan tim distribusi, pelayanan pelanggan agar siaga dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan.

"Saya sudah mengarahkan dan mendapat laporan tim virtual command center dari setiap unit-unit induk distribusi, dari setiap unit induk wilayah, dari manager area semua sudah siap bukan hanya menjaga kualitas pelayanan pelanggan tapi juga meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan," tuturnya.

Prasodjo meminta agar pasokan listrik di objek-objek vital menjelang Nataru seperti gereja maupun tempat umum seperti mal terus dijaga agar tidak terjadi gangguan

"Agar nanti saudara-saudara kita yang merayakan Natal bisa merayakan perayaan ini, menjalankan ibadah ini dengan baik," pesannya.

Baca juga: Bawaslu: Pemasangan APK di Tiang Listrik Masuk Pelanggaran Pemilu

PLN saat ini telah menyiapkan 1.800 genset, 750 UPS, 1.100 Unit Gardu Bergerak (UGB), serta didukung personel PLN baik itu dari pusat, unit distribusi, unit induk wilayah, serta subholding PLN. Secara internal, PLN sendiri telah mempersiapkan keandalan sistemnya sejak dua bulan belakangan.

"Seluruh peralatan kami dilakukan maintenance jauh-jauh haru sebelum menghadapi Nataru ini. Jadi tadi saya juga memerintahkan seluruh pembangkit gardu induk transmisi jangan ada maintenance pada saat perayaan Natal dan tahun baru agar keandalan sistemnya betul-betul bisa dijaga," ungkap Prasodjo. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat