visitaaponce.com

Dishub Kota Malang Petakan 18 Titik Macet Jelang Libur Nataru

Dishub Kota Malang Petakan 18 Titik Macet Jelang Libur Nataru
Ilustrasi kemacetan.(MI/ATET DWI PRAMADIA)

DINAS Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Jawa Timur, melakukan pemetaan sejumlah lokasi rawan kemacetan dan keramaian menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Setidaknya ada 18 titik yang diwaspadai berpotensi terjadi kemacetan.

"Saat ini, kunjungan di mal tinggi. Sementara daya tampung parkir terbatas sehingga menimbulkan kemacetan," tegas Kadishub Kota Malang R Widjaja Saleh Putra, Kamis (21/12).

Lokasi rawan macet dan keramaian itu berada Simpang MCC, Simpang Universitas Brawijaya, Simpang  Dinoyo, Simpang Jembatan Tunggulmas, Simpang Perlimanan Tunggulwulung, Simpang Embong Brantas, Simpang Muharto dan Simpang Gadang.

Baca juga: Polda Jabar Prediksi Dua Kali Puncak Arus Mudik dan Balik Nataru

Rawan macet lainnya di Pasar Besar Malang, Alun-alun Malang, Bundaran Tugu Balai Kota Malang, Kawasan Kayutangan Heritage, Jalan Besar Ijen, Jalan Soekarno Hatta, Taman Merjosari Jalan Ki Ageng Gribig atau akses keluar tol Madyopuro, MOG dan Jalan Semeru.

"Kita sudah rapat bersama Polresta Malang Kota. Malang Raya menjadi kunjungan vaforit destinasi dari utara ke selatan Jatim, pasti melewati Kota Malang," katanya.

Menurut Widjaja, dari pengalaman perayaan Nataru tahun lalu, Kota Malang menjadi transit atau perlintasan ketika wisatawan akan ke Kota Batu dan Kabupaten Malang. Karena itu sudah disiapkan skema pengalihan tol Karangloh ke pintu keluar Pakis dan Madyopuro.

Baca juga: Tol Cipali Jadi Titik Kritis Kemacetan Libur Nataru, Rekayasa Lalu Lintas Disiapkan

"Volume kendaraan yang tinggi agar dimaklumi. Kota Malang akan didatangi wisatawan nusantara dan mancanegara. Ini patut disyukuri menjadi indikator kemajuan kota sejalan dengan ekonomi yang bergerak," ujarnya.

Saat ini Dishub sudah menempatkan personel untuk membantu di Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan Polresta Malang Kota. Ada 4 Pos di Simpang MCC, Simpang UB, Simpang BTN Sawojajar dan Depan Gereja Katedral Ijen.

Personel Dishub juga berkolaborasi dengan Polresta Malang Kota daninstansi terkait melakukan pemantauan dan pengendalian arus lalu lintas. Termasuk melakukan inspeksi keselamatan LLAJ (Rampchek) pada armada bus penumpang umum dan bs pariwisata di terminal dan PO bus Kota Malang. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat