visitaaponce.com

Anak Buah Luhut Pastikan Penyelidikan Menyeluruh Kasus Ledakan Smelter ITSS

Anak Buah Luhut Pastikan Penyelidikan Menyeluruh Kasus Ledakan Smelter ITSS
Korban yang selamat dalam kecelakaan kerja di PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) menjalani perawatan medis di RSUD Morowali.(MI.)

KEMENTERIAN Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) akan melakukan penyelidikan menyeluruh terkait ledakan tungku di pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) nikel miliki PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di Morowali, Sulawesi Tengah.

"Pasti ada penyelidikan menyeluruh," ucap Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Septian Hario Seto saat dihubungi Media Indonesia, Selasa (26/12).

Tim Kemenko Marves juga diterjunkan langsung ke lokasi kecelakaan kerja tersebut untuk mengusut penyebab ledakan tungku smelter milik perusahaan Tiongkok yang menewaskan 18 orang.

Baca juga: 18 Korban Meninggal akibat Ledakan Pabrik Smelter Morowali

Anak buah Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan itu berharap ada koordinasi baik antara pemerintah dengan manajemen PT ITSS maupun pengelola kawasan pabrik tersebut yakni PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) untuk mengungkap kasus tersebut.

"Kamis (28/12) saya balik dari sana. Nanti ya diterangkan (hasil penelusuran tim Kemenko Marves). Kita harapkan ada transparansi dan kerja sama yang baik," pungkasnya.

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) turut menyampaikan keprihatinan atas kecelakaan kerja yang terjadi di pabrik pengolahan nikel PT ITSS.

Baca juga: Pengertian, Klasifikasi, Penanggulangan, dan Jaminan Kecelakaan Kerja

"Kami menghaturkan rasa duka cita yang mendalam bagi para keluarga korban. Diharapkan, perusahaan dapat memastikan pemenuhan hak-hak karyawan yang menjadi korban, baik yang meninggal maupun luka," ujar Juru Bicara Kemenperin, Febri Hendri Antoni Arif.

Febri menegaskan, pemerintah termasuk Kemenperin akan mengirim tim ke lokasi. Hasil inspeksi dari tim investigasi tersebut, selain untuk mengetahui penyebab musibah di PT ITSS, juga dapat menjadi evaluasi dari perusahaan agar lebih baik lagi dalam pengawasan dan pengendalian terkait penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat