visitaaponce.com

BMKG Beri Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Kepulauan Riau

BMKG Beri Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Kepulauan Riau
Ilustrasi(Medcom.id)

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini mengenai potensi hujan lebat disertai angin kencang pada pagi dan siang hari untuk sebagian besar wilayah Kepulauan Riau (Kepri).

Berdasarkan prakiraan BMKG, kondisi cuaca di Kepri hari ini memasuki kondisi ekstrem. Wilayah Kepri berpotensi diguyur hujan lebat, angin kencang, dan gelombang laut tinggi.

Forecaster Bandara Hang Nadim Batam Andini mengatakan kondisi ini disebabkan oleh adanya belokan angin (shearline) dan labilitas lokal kuat di sekitar wilayah Kepri, yang mendukung potensi pertumbuhan awan-awan hujan.

Baca juga : Waspada! Potensi Cuaca Ekstrem di Libur Natal dan Tahun Baru

"Ada gerakan sistemik yang secara global, keadaan ini berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang," katanya kepada Media Indonesia, Selasa (26/12).

BMKG mengingatkan akan potensi bahaya angin kencang. Potensi angin kencang dapat mencapai 25 Knot (45 Km/Jam) di wilayah Natuna.

Baca juga : Banjir Rob Kembali Terjang Pesisir Indramayu

Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada siang dan dini hari di sebagian besar wilayah Kepulauan Riau.

BMKG bahkan memberikan peringatan akan ketinggian gelombang yang mencapai 2 meter di wilayah Natuna.Bagi nelayan diminta untuk mewaspadai agar selalu waspada. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat