visitaaponce.com

Emak-emak dan Gen Z Dilatih Cara Mengolah Sampah

Emak-emak dan Gen Z Dilatih Cara Mengolah Sampah
Relawan Penerus Negeri mengajari emak-emak di Tegal untuk mengelola sampah menjadi barang yang memiliki nilai jual.(MI/SUPARDJI RASBAN)

SALAH satu tim pemenangan Prabowo-Gibran, yakni Relawan Penerus Negeri, menggelar pelatihan mengolah sampah, kewirausahaan, dan pengenalan stunting bagi ratusan emak-emak, milenial hingga Gen Z di Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah, Jumat (29/12).

Emak-emak diajari mengelola sampah menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual. Sejumlah materi yang disampaikan seperti mengolah limbah kantong plastik kresek menjadi kerajinan bunga.

Koordinator Penerus Negeri Jawa Tengah Alfreno Kautsar Ramadhan menyampaikan, pihaknya punya tiga program seperti penyuluhan stunting, bantu usaha, dan penukaran sampah dengan sembako.

Baca juga: SIPD Tutup Celah Penyelewengan Anggaran Tengkes

Alfreno menuturkan, bantuan untuk wirausaha yang sudah ada dan berjalan bisa memotivasi untuk bertambah giat lagi mengembangkan usaha warga. 

"Kegiatan ini sudah dilakukan di 30 lokasi dalam kurun waktu seminggu. Kita berharap akhir Januari 2024 mendatang bisa selesaikan 100 titik kecamatan di Indonesia. Insyaallah program ini membantu banyak orang. Target kita adalah ibu-ibu, milenial, dan Gen Z," jelas Alfreno.

Koordinator Penerus Negeri Tegal yang juga Caleg DPRD Kota Tegal, Bagas Satya Indrana, menuturkan, pelatihan mengolah sampah penting karena selain bisa mengurangi sampah nonorganik juga bisa menambah penghasilan keluarga.

Baca juga: Impian Indonesia Emas 2045

Selain itu, peserta juga dibekali pengetahuan mengenai stunting dan cara pencegahannya. Sejumlah materi yang disampaikan seperti ciri-ciri orang terkena stunting, makanan pencegah stunting, dan penanggulangan stunting.

"Ini sangat penting, ibu-ibu dan remaja perlu tahu apa itu stunting. Di sini diberikan pengetahuan mengenali stunting dan cara mencegahnya. Makanan apa yang bisa mencegah stunting dan yang paling penting adalah bagaimana remaja putri menjaga kesehatan sehingga akan melahirkan generasi penerus yang sehat," ucap Bagas. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat