visitaaponce.com

Warga Pandeglang Tangkap Buaya Muara Sepanjang 2,5 Meter

Warga Pandeglang Tangkap Buaya Muara Sepanjang 2,5 Meter
Buaya yang ditangkap warga.(Metro TV/Wibowo Sangkala.)

BUAYA muara sepanjang 2,5 meter ditangkap warga Kampung Cinutung, Desa Kubangkampil, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang, Banten. Keberadaan buaya tersebut sering kali membuat warga resah dengan cara memunculkan diri saat warga beraktivitas di sungai.

Buaya itu sering muncul di sungai Cisanggoma. Buaya dikhawatirkan mengancam keselamatan warga setempat. 

Hewan reptil sepanjang dua setengah meter itu berhasil ditangkap dan dibawa ke kolam penampungan sementara. Oleh pihak BKSDA Seksi Konservasi Wilayah I Serang, buaya muara itu kemudian dibawa ke kantor pada Selasa (9/1) siang setelah warga menginformasikan penangkapan buaya. 

Baca juga: Buaya Muara Serang Warga di Lampung Selatan

Buaya itu diperkirakan berbobot 100 kilogram. Untuk menghindari konflik antara manusia dengan buaya, warga meminta bantuan pihak BKSDA untuk segera mengevakuasi buaya tersebut dari sungai. 

Menurut pihak BKSDA, keberadaan buaya di sungai Cisanggoma hanya untuk melintas sampai ke muara. "Buaya tidak mendiami tempat yang sering dilihat warga," ujar Tuwuh Rahardianto Laban, Kepala Resort II BKSDA Seksi Konservasi Wilayah I Serang. 

Baca juga: Wanita di Konawe Selatan Dimangsa Buaya

Pihak BKSDA rencananya akan membawa buaya muara ke lembaga konservasi di Bogor, Jawa Barat, untuk direhabilitasi. Nanti, buaya itu dilepasliarkan ke habitatnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat