visitaaponce.com

Uang Beredar Selama Natal dan Tahun Baru di NTT Rp1,5 Triliun

Uang Beredar Selama Natal dan Tahun Baru di NTT Rp1,5 Triliun
Pegawai menunjukkan uang kertas emisi 2022 di Kupang, NTT.(MI/PALCE AMALO)

REALISASI peredaran uang kartal di Nusa Tenggara Timur (NTT) selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 sebesar Rp1,5 triliun.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia NTT Agus Sistyo Widjajati di Kupang, Jumat (12/1) mengatakan jumlah ini turun sebesar 18% bila dibandingkan pada periode Nataru 2022 yang tercatat sebanyak Rp1,8 triliun.

Untuk transaksi nontunai khususnya transaksi digital berbasis QRIS periode Januari-November 2023 tercatat sebesar Rp505,43 miliar atau tumbuh 237,68% (yoy).

Baca juga: Erupsi Gunung Lewotobi, Polisi Berlakukan Rekayasa Lalu Lintas dan Bagikan Bantuan

Selanjutnya dari sisi volume transaksi QRIS, tercatat sebanyak 2,97 juta transaksi atau tumbuh 175,10% (yoy). Pertumbuhan transaksi tersebut didorong oleh semakin banyaknya  pedagang yang menggunakan QRIS, yaitu sebanyak 221.884 pedagang atau tumbuh 55,54% (yoy).

Lebih lanjut, Dia mengatakan peningkatan transaksi nontunai berbasis QRIS di wilayah NTT menunjukkan semakin meningkatnya preferensi masyarakat dalam menggunakan sarana pembayaran nontunai seperti transfer, ATM maupun QRIS yang semakin Cepat, Mudah, Murah, Aman dan Handal.

Selain itu, untuk menjaga kenyamanan dan keamanan serta meningkatkan layanan kas baik tunai maupun nontunai, Bank Indonesia menghimbau masyarakat untuk selalu meneliti uang yang diterima dengan 3D, yaitu dilihat, diraba 
dan diterawang agar terhindar dari kerugian uang tidak asli.

Baca juga: ICW Dorong Transaksi Nontunai pada Pemilu 2024

"Kemudian selalu merawat uang rupiah dengan 5 J, yaitu Jangan Dilipat, Jangan Dicoret, Jangan Distapler, Jangan Dibasahi dan Jangan Diremas agar uang selalu dalam kondisi baik, serta berhati-hati dalam bertransaksi secara nontunai," ujarnya.

Masyarakat juga diimbau selalu menjaga kerahasiaan informasi pribadi seperti username dan password, PIN, serta kode OTP (one time password). (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat