visitaaponce.com

Banjir Kapuas di Kalimantan Tengah Meluas

Banjir Kapuas di Kalimantan Tengah Meluas
Banjir di Kapuas.(Metro TV/Tantawi Jauhari.)

BANJIR di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, meluas. Sebelumnya, banjir melanda 25 desa di enam kecamatan. Kini banjir melanda 28 desa. 

Banjir yang melanda Kabupaten Kapuas itu akibat luapan air sungai Kapuas. Luapan air sungai dipengaruhi intensitas hujan yang cukup tinggi di wilayah hulu.

Enam kecamatan yang terendam banjir ialah Mantangai, Pasak Talawang, Kapuas Tengah, Kapuas Hulu, Dadahup, dan Timpah. Banjir mulai terjadi sepekan terakhir dengan ketinggian air bervariasi mulai dari 60 cm hingga hampir dua meter.

Baca juga: Banjir Meluas Rendam Puluhan Hektare Tanaman Padi di Hulu Sungai Utara

Korban terdampak banjir di 28 desa sebanyak 6.835 keluarga atau 24.234 jiwa. Banjir juga merendam 4.476 rumah, 49 rumah ibadah, 65 sarana pendidikan, dan 16 sarana kesehatan.

Pemkab Kapuas menetapkan status tanggap darurat bencana banjir guna memaksimalkan upaya penanggulangan. Pemerintah setempat juga sudah menyalurkan bantuan kepada para korban banjir.

Sebanyak 1 kota dan 5 kabupaten di Kalimantan Tengah kini dilanda banjir. Tiga kabupaten di antaranya telah menetapkan status tanggap darurat banjir.

Baca juga: Banjir tidak Kunjung Surut, 95 Warga Sintang harus Mengungsi

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memberikan perhatian serius terhadap musibah banjir. Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menetapkan Status Darurat Provinsi sejak 23 Januari hingga 1 Februari 2024.

Gubernur Sugianto Sabran menginstruksikan agar jajaran Pemprov Kalteng mulai dari dinas kesehatan, dinas sosial, termasuk TNI/ Polri serta stakeholders terkait lain, agar segera turun langsung membantu pemerintah kabupaten/kota yang terdampak. Jajaran diminta melakukan intervensi di lapangan dalam bentuk membuka dapur umum, posko kesehatan, mengevakuasi warga, serta menyerahkan bantuan logistik. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat