visitaaponce.com

Banjir Meluas ke Pesisir Timur Jambi, Ribuan Rumah Warga Terendam

Banjir Meluas ke Pesisir Timur Jambi, Ribuan Rumah Warga Terendam
Banjir di Jambi meluas ke daerah pesisir timur Jambi, 30 Januari 2024.(Dok. MI/Solmi)

BENCANA banjir yang semenjak tiga pekan lalu melanda wilayah bagian barat Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah, Provinsi Jambi kini meluas ke daerah pesisir timur Jambi. Akibatnya, ribuan rumah warga terendam.

Banjir antara lain mengepung sejumlah desa di Kecamatan Berbak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, yang berdekatan dengan pantai timur Sumatra. Selain disebabkan tingginya intensitas hujan, banjir yang melumpuhkan aktivitas warga tersebut akibat derasnya banjir kiriman dari hulu DAS (Daerah Aliran Sungai) Batanghari, dan naiknya atau pasang air laut.

Baca juga: Sebulan Banjir Landa Muaro Jambi, Rumah dan Sekolah Terendam

Kepala Kecamatan Berbak Juni Nugraha melaporkan, banjir dengan ketinggian bervariasi, dari 30 cm hingga satu meter lebih itu menggenangi sebanyak 1.939 unit rumah warga enam desa dan satu kelurahan dalam Kecamatan Berbak. Yakni mencakup Desa Rawasari, Simpang, Rantau Makmur, Telago Limo, Rantau Rasau dan Desa Sungai Rambut.

Selain itu, banjir yang menutupi akses jalan penghubung juga dilpaorkan merendam pekarangan dan 26 bagunan sekolah dasar dan SLTP, rumah ibadah, dan fasilitas umum milik pemerintah lainnya.

Baca juga: Sepekan, Warga Kertapati Palembang Kebanjiran akibat Sungai Musi Meluap

“Banjir sudah melanda semenjak sepekan ini. Aktivitas warga lumpuh karena akses jalan dan lahan pertanian dan perkebunan terendam. Warga sampai saat ini masih memilih bertahan di rumah mereka yang umumnya bertiang,” beber Juni Nugraha.

Untuk menutupi keperluan sehari-hari selama bertahan di lokasi banjir, warga mengandalkan uluran bantuan bahan pokok, air bersih plus obat-obatan dari pemerintah setempat. Terutama bantuan dari TNI dan Polri yang gencar berdatangan semenjak beberapa hari terakhir.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat