visitaaponce.com

Polda NTT Kirim 414 Personel Amankan TPS Sangat Rawan

Polda NTT Kirim 414 Personel Amankan TPS Sangat Rawan
Kapolda NTT Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga (kiri) memimpin apel pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024.(MI/PALCE AMALO)

KAPOLDA Nusa Tenggara Timur (NTT) Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga memimpin apel pergeseran personel BKO pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024 di kabupaten dan kota, Senin (5/2).

Upacara berlangsung di Lapangan Polda NTT ditandai dengan penyerahan secara simbolis ransel BKO kepada personel brimob dan samapta sebagai tanda kesiapan personel mengamankan TPS di seluruh wilayah.

Polda NTT mengirim 414 personel samapta ke daerah untuk mengamankan TPS termasuk 104 TPS  yang sudah diidentifikasi sebagai TPS yang rawan gangguan keamanan. Jumlah itu belum termasuk 97 personel brimob yang 
digeser ke ke 9 polres dalam rangka pengamanan.

Baca juga : Jelang Pemilu, Lapas di NTT siapkan 16 TPS Khusus untuk Warga Binaan

"Ada beberapa TPS yang sangat rawan, awalnya sangat banyak seetlah saya evaluasi bersama pejabat utama dan stakeholder, sekarang ini idak sampai 150 TPS, sebanyak 104 TPS yang sangat rawan ini dijaga oleh 2 polisi, 2 linmas, KPPS 7 orang, saya kira kondisi ini sudah sangat aman," ujarnya.

Para personel akan bertolak ke daerah secara tidak bersamaan mulai 8-11 Februari 2024, lantaran cuaca buruk yang mengakibatkan operasional armada pelayaran antarpulau terganggu.

Kepada wartawan, Irjen Daniel Silitonga mengatakan, setiap TPS akan dijaga dua personel polisi bersama dua anggota Linmas. "Tugas mereka mulai dari distribusi logistik dari kabupaten sampai ke kecamatan, kelurahan dan TPS, mereka menjamin keamanan distribusi logistik ini," katanya.

Baca juga : Dua Korban Penembakan KKB Papua dari Anggota Brimob Polda NTT

Menurutnya, pergeseran personel ke daerah untuk memastikan setiap warga negara dapat menggunakan hak pilihnya dengan aman, damai, dan tanpa intimidasi. "Pergeseran personel ini harus dilakukan dengan cermat dan terencana. Setiap anggota yang diperbantukan di wilayah baru harus memahami sepenuhnya tugas dan tanggung jawabnya," tegas Daniel. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat