visitaaponce.com

Libur Panjang, Penumpang di Bandara Juanda Melonjak

Libur Panjang, Penumpang di Bandara Juanda Melonjak
Suasana Bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur, saat hari pertama libur panjang Isra Mikraj dan Imlek, Kamis (8/2).(MI/Heri Susetyo)

LIBUR panjang Isra Miraj pada Kamis (8/2) yang berdekatan dengan Imlek 2024 pada Sabtu (10/2), memicu lonjakan jumlah penumpang di Bandara Juanda Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Pada Rabu kemarin (7/2) atau sehari jelang Isra Mikraj, jumlah penumpang di bandara ini mencapai 43.766 orang. 

Angka tersebut meningkat dibandingkan pada hari biasa bulan Februari yang rata-rata 34 ribu penumpang.

Baca juga : Libur Panjang, Jasa Marga Catat 181 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

"Selama periode awal Bulan Febuari ini, rata-rata kami melayani 34 ribu penumpang per hari. Namun pada Rabu sehari sebelum long weekend jumlah penumpang mencapai 43 ribu, kami memprediksi ini dikarenakan pemerintah juga menetapkan tanggal 9 Februari menjadi hari libur cuti bersama, sehingga pengguna jasa memiliki waktu lebih panjang untuk bepergian," kata General Manager Bandara Juanda Sisyani Jaffar, Kamis (8/2).

Menurut Sisyani Jaffar, jika dibandingkan dengan periode minggu sebelumnya, jumlah penumpang dan pesawat mengalami kenaikan. 

Tercatat kenaikan jumlah penumpang dimana pada tanggal 7 Februari mencapai 43.766 orang, sedangkan sejak tanggal 1 hingga 6 Februari jumlah penumpang tertinggi 36.650 orang.

Baca juga : Ada Libur Nasional dan Cuti Bersama, Polda Aceh Sesuaikan Jadwal Pelayanan SIM 

"Sedangkan untuk jumlah pesawat juga mengalami kenaikan dimana pada tanggal 7 Februari tercatat 276  pergerakan pesawat sedangkan sejak tanggal 1 hingga 6 Februari jumlah penumpang tertinggi sebesar 254 pergerakan pesawat," kata Sisyani.

Pihak manajemen Bandara Juanda juga memperkirakan hingga minggu (11/2/) jumlah pergerakan penumpang masih akan stabil di atas rata-rata. Hal itu dikarenakan berkaitan dengan arus balik libur Imlek.

"Melihat adanya kenaikan pada longweekend kali ini kami akan semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna jasa bandara. Tujuannya adalah untuk tetap menjaga tingkat kepercayaan atas aspek keamanan dan kenyamanan penumpang selama berada di bandara dan tentunya kami berharap dan selalu optimis, hingga akhir tahun nanti baik arus pesawat, penumpang dan barang dapat terus meningkat," pungkas Sisyani Jaffar. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat