visitaaponce.com

Distribusi Logistik ke Wilayah Terpencil, Petugas Harus Jalan Kaki Tiga Hari

Distribusi Logistik ke Wilayah Terpencil, Petugas Harus Jalan Kaki Tiga Hari
Ilustrasi petugas gabungan membawa kotak suara saat mendistribusikan logistik(Antara)

EMPAT personel Kepolisian Sektor (Polsek) Pagimana, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, menempuh perjalanan darat dengan jalan kaki untuk mendistribusikan logistik Pemilihan Umum (Pemilu) di wilayah terpencil kabupaten itu.

Kapolsek Pagimana AKP Makmur S mengatakan, empat personel yang ditugaskan adalah Aiptu Frets Adolof Rombot, Bripka Agus Tongkasi, Brigpol Mohammad Rifandi Yasin, dan Brigpol I Gede Aryadi Oka.

Ke empatnya mengawal pergeseran logistik Pemilu 2024 dari Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Banggai ke wilayah pedalaman Desa Baloa Doda, Kecamatan Pagimana.

Baca juga : KPU Distribusikan Logistik Pemilu ke 30 Distrik di Sorong

“Jadi mereka sudah mulai berjalan kaki sejak Kamis 8 Februari. Diprediksi sampai Sabtu 10 Februari di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Desa Baloa Doda,” terangnya saat dihubungi dari Palu, Jumat (9/2)

Makmur menjelaskan, pendistribusian logistik Pemilu yang terdiri dari kotak berisi surat suara dan dokumen lainnya itu dilakukan sebagai wujud komitmen Polri mensukseskan pesta demokrasi.

Selain itu, karena medan yang dilalui harus masuk keluar hutan, naik turun gunung, menyeberangi sungai yang belum memiliki jembatan, dan untuk mengantisipasi kondisi cuaca yang tidak menentu, Polsek Pagimana mengambil risiko untuk membawa logistik Pemilu tersebut dengan berjalan kaki lebih awal.

Baca juga : Polres Simalungun Cek Gudang Logistik Pemilu

“Alasan lain mengapa harus berjalan kaki, karena medan ke Desa Baloa Doda itu tidak bisa ditempuh kendaraan roda empat maupun roda dua. Karena jaraknya yang jauh dan medannya yang sulit, tim berjalan lebih awal. Diprediksi tidak ada halangan tiga hari perjalanan sampai,” imbuhnya.

Dalam perjalanannya, empat personel Polsek Pagimana didampingi satu personel TNI, petugas KPPS, PPS, dan warga setempat sebagai mata jalan.

"Semoga dalam perjalanan tim kami tidak mendapatkan kendala dan hambatan seperti hujan deras serta hewan buas," harap Aiptu Frets Adolof Rombot sebelum berangkat.

Baca juga : KPU Kota Solo Distribuaika Logistik Pemilu 2024 ke 54 PPK

Menurutnya, dalam perjalanan tim membawa bekal makanan dan minuman seadanya. Seperti beras, mi instan, sarden, dan beberapa logistik lainnya.

“Ini kami lakukan sebagai wujud dedikasi agar masyarakat di wilayah terpencil Pagimana bisa melaksanakan pesta demokrasi sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Dan kami berharap Pemilu 2024 berjalan aman, damai, serta lancar,” tandas Frets. (Z-8)

Baca juga : Pos Indonesia Distribusikan Surat Suara Pemilu ke 2.400 Kecamatan

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat