visitaaponce.com

Cuaca Ekstrem Potensial Terjadi di Jawa Tengah

Cuaca Ekstrem Potensial Terjadi di Jawa Tengah
Ilustrasi.(MI/RAMDANI)

CUACA ekstrem potensial terjadi di Jawa Tengah (Jateng) hingga Rabu (14/2) mendatang. Cuaca ekstrem ditandai dengan adanya hujan intensitas sedang hingga lebat yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometerologi.

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Yoga Sambodo mengatakan dalam beberapa hari mendatang, ada potensi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan kilat serta angin kencang. Potensi tersebut bisa terjadi hingga Rabu.

"Untuk hari Selasa (13/2), kabupaten dan kota yang harus waspada adalah Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Kabupaten dan Kota Magelang, Boyolali, Kabupaten  Semarang, Temanggung, Kendal, Batang, Kabupaten Pekalongan, Salatiga, Brebes, dan sekitarnya," jelasnya.

Baca juga : Peduli Cuaca

Sedangkan untuk Rabu (14/2), daerah yang harus bersiaga terhadap cuaca ekstrem adalah Banjarnegara, Wonosobo, Kabupaten dan Kota Magelang, Boyolali,  Temanggung, Salatiga, Kabupaten dan Kota Semarang, Kendal, Batang,  Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Tegal, Brebes, dan sekitarnya.

Menurutnya, cuaca esktrem dipicu adalah Monsun Asia yang disertai adanya potensi seruakan dingin dan aktifnya gelombang atmosfer Rossby ekuator sehingga berpengaruh terhadap peningkatan massa udara basah di wilayah 
Indonesia bagian barat dan selatan ekuator, termasuk sekitar wilayah Jawa Tengah.

"Adanya daerah konvergensi dan belokan angin dan labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal diamati di Jawa Tengah. Kondisi itu menyebabkan peningkatan potensi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat," tambahnya. (Z-6)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat