visitaaponce.com

Ajak Warga Tidak Golput, Sri Sultan Pemilu Bagian dari Aktivitas Budaya

Ajak Warga Tidak Golput, Sri Sultan : Pemilu Bagian dari Aktivitas Budaya
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X(MI/Agus Utantoro)

GUBERNUR Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima kunjungan dari KPU DIY dan Kota Yogyakarta, Selasa (13/02) di kediamannya, Kraton Kilen, Yogyakarta. 

Dalam kesempatan itu, Sri Sultan dan keluarga juga mendapatkan undangan untuk memilih dalam Pemilu 2024 pada Rabu, 14 Februari 2024.

Dalam kesempatan itu, Sri Sultan HB X menyampaikan, Pemilu yang bagian dari demokrasi bukan sekedar aspek kedaulatan rakyat dan peristiwa politik, melainkan merupakan bagian dari aktivitas budaya. Ia pun berharap, budaya demokrasi dapat tumbuh subur dan menjadi bagian dari keseharian warga DIY.

Baca juga : Anggota DPRD DIY Temuka Surat Undangan Memilih untuk Orang yang Sudah Meninggal Dunia

“Kami sebagai warga negara mengikuti Pemilu juga berarti melakukan perilaku budaya. Karena ini peristiwa budaya, harapan saya demokrasi juga bisa jadi budaya masyarakat DIY. Saya maunya demokrasi itu jadi kebiasaan masyarakat,” kata Sri Sultan.

Budaya berpolitik maupun budaya demokrasi, lanjut Sri Sultan, merupakan hak asasi manusia. Setiap pilihan bersifat bebas dan rahasia.

Sri Sultan pun berharap, KPU dapat melaksanakan tugas sebagai penyelenggara Pemilu dengan sukses dan amanah. “Semoga sukses untuk semuanya. Saya harap bisa berhati-hati dalam menjaga hak warga yang memilih,” lanjut Sri Sultan.

Baca juga : Imlek di Klenteng Hok Tek Bio Purwokerto Bawa Pesan Pemilu Damai

Sri Sultan pun mengajak seluruh warga DIY untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 dengan datang ke TPS dan tidak golput.

“Kepada warga DIY, saya ingatkan tanggal 14 Februari, besok pagi untuk tetap bisa melaksanakan kewajibannya, yaitu datang ke TPS. Gunakan hak pilih saudara, jangan Golput. Tentukan pilihan sesuai dengan keyakinan saudara masing-masing. Selamat melaksanakan Pemilu besok pagi, tentukan pilihan untuk lima tahun ke depan bangsa dan negara Republik Indonesia,” pesan Sri Sultan.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU DIY, Sri Surani mengatakan, secara garis besar, persiapan Pemilu besok pagi sudah mencapai 97%. 

Baca juga : Aksi Kamisan di Yogyakarta Suarakan Jangan Pilih Capres Pelanggar HAM

"Sisanya tinggal distribusi logistik saja, yang kami jadwalkan selesai hari ini,” kata dia.

KPU DIY menargetkan tingkat partisipasi Masyarakat DIY sebesar 85%. Ia juga berharap, pelaksanaan Pemilu tahun ini bisa berjalan dengan lancar aman dan seluruh pemilih di DIY terlayani dengan baik. (Z-5)

Baca juga : Anies Baswedan dan Sri Sultan HB X Bahas Kebinekaan

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat