visitaaponce.com

Imlek di Klenteng Hok Tek Bio Purwokerto Bawa Pesan Pemilu Damai

Imlek di Klenteng Hok Tek Bio Purwokerto Bawa Pesan Pemilu Damai
Warga memanjatkan cuxi atau doa tutup tahun pada perayaan pergantian tahun baru Imlek 2575 di Klenteng Hok Tek Bio Purwokerto,(MI/Tosiani)

PERAYAAN pergantian tahun baru Imlek 2575 di Klenteng Hok Tek Bio Purwokerto, Jawa Tengah yang berlangsung pada Jumat (9/2) Malam hingga Sabtu (10/2) dini hari membawa pesan politik bagi penganut Agama Konghucu di daerah itu untuk menjaga Pemilu 2024 ini tetap damai. Umat Konghucu juga dihimbau tetap menggunakan hak pilihnya pada pemilu dan jangan sampai golput.

"Pesan Imlek 2575 yang ingin kami sampaikan, mari kita rayakan Imlek dengan meriah dan khidmat. Terutama karena ini tahun politik, janganlah golput demi kelancaran dan kemajuan bangsa dan negara Indonesia,"cetus Ketua Klenteng Hok Tek Bio Purwokerto, Suryana, disela Perayaan Imlek, Jumat (9/2) Malam.

Pada hari H Pemilu 14 Februari 2024 mendatang, Suryana meminta umatnya untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS). Umat juga diharapkan ikut menjaga pemilu berlangsung damai dan aman.

Baca juga : Jakarta Antisipasi Banjir Saat Pencoblosan Pemilu 2024

"Untuk umat diharapkan supaya lebih taqwa, bersyukur pada Tuhan karena kita mendapat perlindungan dan rahmat selama tahun 2574. Kita juga menerima kesehatan kesuksesan kebahagiaan. Mari sambut tahun baru dengan khidmad dan banyak beribadah,"kata Suryana.

Sembahyang tahun baru Imlek di Klenteng Hok Tek Bio Purwokerto dihadiri sekitar 100 orang penganut Konghucu. Kegiatan ibadah itu dipimpin oleh Wense atau Rokhaniawan Agama Konghucu bernama Budi Rohadi. Ketika memimpin doa, ia mengenakan jubah jangsan khusus untuk Wense.

"Kami memanjatkan cuxi atau doa tutup tahun. Tahun Baru ini, kita selain bersyukur juga berharap tahun depan bisa lebih baik. Saat ini karena menjelang pemilu jadi menyisipkan doa agar pemilu lancar, mendapat pemumpin yang diharapkan rakyat,"katanya.

Baca juga : Mengalap Berkah dari Handuk Bekas Lap Patung Dewa Dewi di Klenteng Hok Tek Bio Purwokerto

Sebelumnya, pada Jumat Siang, Pihak Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyumas di bawah pimpinan Kabag Ops Kompol Agus Amjat Purnomo telah melakukan sterilisasi di tiga klenteng prioritas. 

Saat perayaan Imlek juga disiagakan 166 personel di tiga klenteng prioritas, yakni Hok Tek Bio Sokaraja, Hom Tek Bio Purwokerto, dan Boen Tek Bio Banyumas. Malamnya, bersama Kapolresta Banyumas Kombes Pol Suranta Edi Sitepu melakukan pengecekan klenteng agar ibadah berlangsung lancar dan aman.

"Ini dalam rangka pengamanan, dan patroli dari Satgas Preventif,"ujar Agus Amjat. (TS/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat