visitaaponce.com

Murid SD di Padang Diwajibkan Berbahasa Minang Tiap Selasa

Murid SD di Padang Diwajibkan Berbahasa Minang Tiap Selasa
SDN di Padang diwajibkan berbahasa minang tiap Selasa(Antara/Iggoy El Fitra)

PEMERINTAH Kota Padang mewajibkan selama 2 jam setiap Selasa murid SD belajar muatan lokal Keminangkabauan berbahasa Minang.

"Dan materi yang diajarkan pendidikan karakter, nilai-nilai kearifan lokal Minangkabau, kesenian tradisional Minangkabau, makanan tradisional Minangkabau, permainan tradisional Minangkabau, keterampilan dan kerajinan tradisional, teknologi tradisional, warisan budaya dan sejarah Kota Padang, serta keteladanan tokoh yang berasal dari Kota Padang dan sejarah Kota Padang," terang Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Nurfitri, Selasa (20/2).

Ia menyebutkan mata pelajaran muatan lokal Keminangkabauan adalah amanat dari Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003 Pasal 37 ayat (1), yang menyatakan bahwa kurikulum pendidikan dasar dan menengah wajib memuat salah satunya muatan lokal.

Baca juga : Bandara Internasional Minangkabau kembali Dibuka Pagi Ini

"Mata pelajaran muatan lokal Keminangkabauan tersebut bertujuan untuk pembentukan dan penanaman nilai-nilai karakter, akhlak, kepribadian yang baik bagi murid murid SD di Kota Padang," kata Nurfitri.

Anak-anak mempelajari tentang adat istiadat Ranahminang, sehingga akan memahami larangan yang tidak boleh dilakukan dalam kehidupan sehari hari. Sama dengan larangan dalam agama Islam, "Syara' mangato adaik mamakai. 

Adat dan agama Islam di Minangkabau berkait rapat, kesatuan utuh yang tidak dapat dipisahkan," ucap Nurfitri

Baca juga : Pesona Cinta di Ranah Minang: Banyak Penawaran Spesial untuk Hari Pernikahanmu!

"Mempelajari muatan lokal Keminangkabauan anak-anak nantinya bisa menjadi peserta didik yang unggul, taat beragama, beradat, berbudaya, serta berakhlak mulia," pungkasnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat