visitaaponce.com

5 Kecamatan di Tasikmalaya Diterjang Bencana Hidrometeorologi

5 Kecamatan di Tasikmalaya Diterjang Bencana Hidrometeorologi
Ilustrasi(Antara)

INTENSITAS hujan tinggi yang terjadi di berbagai daerah telah menyebabkan sebuah jembatan Parung Mandala di Desa Cilumba, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, amblas. Kejadian tersebut, menyebabkan akses jalan penghubung Cikatomas menuju Kecamatan Karangnunggal tidak bisa dilewati kendaraan.

Kapolsek Cikatomas Polres Tasikmalaya, AKP Sukiran mengatakan, hujan deras yang terjadi beberapa hari ini telah menyebabkan aliran Sungai Ciwulan meluap dan pondasi jembatan Parung Mandala terkikis. Namun, terkikisnya pondasi itu menyebabkan jembatan amblas dan tidak bisa dilewati kendaraan roda empat.

"Jembatan Parung Mandala ini berada di atas aliran Sungai Ciwulan sejak Sabtu (1/3) tidak bisa dilalui kendaraan dan menyebabkan jalan penghubung Kecamatan Cikatomas menuju Karangnunggal sementara hanya bisa dilewati pejalan kaki. Akan tetapi, kendaraan harus melalui jalan alternatif lain melalui Salopa dan Cikalong dengan jarak tempuh 45 kilometer," katanya, Minggu (3/3).

Baca juga : Tasikmalaya Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi hingga 31 Mei 2024

Sementara itu, Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Dede Sudrajat mengatakan, hujan deras yang terjadi selama ini telah menyebabkan banyak bencana antara lain longsor, banjir dan pohon tumbang. Akan tetapi, dalam kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa tapi banyak rumah terancam dan jalan desa tertutup material tanah.

"Berdasarkan data yang diterima BPBD terjadi di Kecamatan Sukaraja yakni pohon tumpang menimpa akses jalan di Kampung Cimanggu, Desa Leuwibudah, 4 rumah terendam banjir di Kampung Legok Cimanggu dan Babakan Loa, longsor menimpa 1 rumah di Cigantang serta menutup akses jalan penghubung Kampung Cimanggu menuju Bojongsirna hingga longsor menimpa bangunan SDN 2 Leuwibudah," katanya.

Ia mengatakan, hujan deras yang terjadi menyebabkan tebing setinggi 30 meter longsor menutup jalan penghubung antara Kecamatan Sukarame dan Kecamatan Tanjungjaya, tepatnya di Kampung Sirnagalih, Kecamatan Parungponteng  jalan Desa Cibungur, Kecamatan Mangunreja menimbun jalan tepatnya di Kampung Ciburuh, Desa Pasirsalam. Akan tetapi, di Kecamatan Tanjungjaya banjir luapan sungai merendam puluhan rumah di Kampung Awi Peuntas, Kampung Babakan.

"Kami mengimbau agar masyarakat harus selalu meningkatkan kewaspadaan dan jika hujan dalam durasi waktu 1 jam tidak reda harus secepatnya mengungsi ke lokasi yang lebih aman. Karena, potensi bencana di Kabupaten Tasikmalaya ada di peringkat ke 2 setelah Garut dan kewaspadaan harus dilakukan semua lapisan masyarakat," ujarnya. (AD/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat