visitaaponce.com

Polri Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran Jatuh di Tanggal 5 April

Polri Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran Jatuh di Tanggal 5 April
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Majalengka, Jawa Barat saat puncak arus mudik.(Dok. Antara)

KORPS Lalu Lintas (Korlantas) Polri memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2024 jatuh pada Jumat, 5 April 2024. Hal ini disampaikan Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Raden Slamet Santoso saat menggelar Tactical Floor Game (TFG) pengelolaan arus mudik di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat.

"Puncak mudik itu sekitar tanggal 5 ya antara tanggal 5 (April) dan puncak baliknya tanggal 15 (April) itu kita prediksinya seperti itu," kata Slamet di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu, 6 Maret 2024.

Korlantas Polri telah menyiapkan cara bertindak untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan saat puncak mudik-balik Idul Fitri 2024. Slamet mengatakan TFG yang digelar hari ini adalah rangkaian dari Operasi Ketupat 2024, dengan tujuan melihat kesiapan para personel. 

Baca juga : Kendaraan Menuju Puncak Dialihkan ke Bogor

TFG ini dihadiri oleh jajaran Direktur Lalu Lintas masing-masing Polda dari Jawa-Bali Sumatra, Lampung, hingga Sumatra Selatan. Kegiatan TFG ini lanjutan dari rapat koordinasi lintas sektoral kesiapan pengelolaan arus lalu lintas mudik lebaran 2024 bersama stakeholder terkait pada Selasa, 5 Maret 2024.

"Diharapkan dengan pelatihan TFG ini betul-betul para petugas itu bisa tahu, paham tentang apa-apa cara bertindak seperti apa yang harus dilakukan dan kesiapan-kesiapan baik kondisi jalan, kondisi masyarakat yang ada itu bisa tercover terantisipasi dengan baik termasuk juga di dalam penyeberangan di Ketapang-Gilimanuk," ujar Slamet.

Begitu pula penyeberangan di Pelabuhan Merak-Bakauheni, agar terantisipasi dengan cara bertindak yang benar, baik secara teknis maupun taktis. Seperti pengaturan yang dilakukan di pelabuhan nantinya adalah delaying system atau memperlambat kendaraan agar tidak terjadi kepadatan di dermaga.

Baca juga : Sebanyak 42 Ribu Penumpang Kereta Api Tiba di Jakarta pada H+3

Pemudik akan mengantre masuk dermaga di rest area terdekat. Nantinya akan diatur masuk pelabuhan oleh personel yang bertugas di lokasi.

Slamet meyakini pengelolaan arus lalu lintas nanti berjalan baik karena semua jajaran sudah memahami cara bertindak. Cara bertindak lain yang akan dilakukan nanti di ruas jalan tol dan arteri saat arus mudik dan balik ialah pengalihan arus one way, contra flow, ganjil genap, dan pembatasan kendaraan sumbu tiga.

Aturan ini telah tertuang dalam surat keputusan bersama (SKB) yang ditandatangani Korlantas Polri bersama stakeholder terkait pada Selasa, 5 Maret 2024.

"Terkait dengan pembatasan ya, pembatasan kendara angkutan baik angkutan barang itu SKB-nya kita samakan dengan tahun lalu. Jadi waktunya tinggal kita sesuaikan kapan sidang isbatnya itu akan dimulai atau operasi ketupatnya itu akan di mulai," pungkas jenderal bintang satu itu.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat