visitaaponce.com

Sebanyak 42 Ribu Penumpang Kereta Api Tiba di Jakarta pada H3

Sebanyak 42 Ribu Penumpang Kereta Api Tiba di Jakarta pada H+3
Pemudik tiba menggunakan Kereta Kerta Jaya, Surabaya Pasar Turi di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (25/4).(MI/Ramdani)

Sebanyak 42 ribu penumpang kereta api tiba di area Daerah Operasional 1 Jakarta PT Kereta Api Indonesia (KAI), Selasa (25/5) atau H+3 Lebaran. Angka tersebut naik dua kali lipat dari jumlah di hari biasa.

Perseroan mencatat sebanyak 16.200 penumpang turun di Stasiun Pasar Senen, 16.000 penumpang turun di Stasiun Gambir, 4.000 penumpang turub di Stasiun Bekasi, 4.400 penumpang di Stasiun Jatinegara dan sisanya turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

"Jumlah tersebut mengalami peningkatan hingga 2 kali lipat dari masa normal. Ini sudah terjadi sejak Senin (24/4)," ujar Kepala Humas PT KAI Daerah Operasional 1 Jakarta Eva Chairunisa melalui keterangan pers, Selasa.

Baca juga: One Way dari Kalikangkung ke Cikampek Diperpanjang sampai Selasa Tengah Malam

Sebagian besar pengguna jasa itu tiba dari Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo dan Malang..

KAI Daop 1 Jakarta pun sudah melakukan sejumlah persiapan pada masa arus balik, seperti menambah ketersediaan kursi pada area tunggu penumpang. Dengan begitu, diharapkan penumpang yang baru turun dari kereta dan menunggu jemputan tidak berdiri dan meletakkan barang pada area tertentu yang dapat menggangu pergerakan penumpang lain di stasiun.

Baca juga: ASN Tertentu Diperkenankan Perpanjang Cuti Lebaran

Sejumlah petugas Costumer Service Mobile (CSM) juga disiapkan untuk melayani informasi dan mengatur alur calon penumpang yang baru tiba. Petugas tambahan untuk pengatur kendaraan juga disiapkan di sejumlah titik pada area parkir stasiun.

Dari sisi keamanan dan keselamatan, Daop 1 Jakarta juga bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk mengamankan seluruh objek vital pada masa angkutan lebaran. Kerja sama dengan Basarnas dan 45 rumah sakit juga dilakukan guna percepatan penanganan kondisi darurat. (Z-11)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat