visitaaponce.com

PT KAI Percepat Waktu Tempuh Kereta untuk Tingkatkan Layanan

PT KAI Percepat Waktu Tempuh Kereta untuk Tingkatkan Layanan
Ilustrasi(MI/Supardji Rasban)

PT Kereta Api Indonesia (KAI) berencana melakukan inovasi terhadap pelayanan kereta api pada tahun ini. Inovasi itu berupa percepatan waktu tempuh ke beberapa daerah.

"Kita selalu melakukan evaluasi dan inovasi. Dalam waktu dekat ini, kira-kira di bulan September tahun ini, kita akan lakukan percepatan kembali waktu tempuh kereta ke beberapa daerah," kata Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo dalam acara Talkshow Transformasi KAI: Menjadi Moda Transportasi Masa Depan di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Selasa (21/5).

Didiek mengatakan, untuk merealisasikan percepatan waktu tempuh tersebut, pihaknya akan mengevaluasi beberapa faktor yang mempengaruhi, seperti kecepatan kereta, waktu pemberhentian kereta di stasiun, rel kereta api, dan juga rangkaian kereta.

Baca juga : PT KAI Ajak Masyarakat Selalu Naik Kereta Api, Apa Alasannya?

"Setelah nanti dilakukan inovasi percepatan waktu tempuh, perjalanan masyarakat menggunakan kereta api akan begitu singkat. Jadi nanti Jakarta-Surabaya sudah tidak delapan jam lagi dan Jakarta-Yogyakarta juga sudah tidak enam jam lagi. Jadi ditunggu saja bulan September nanti," ujarnya.

Selain inovasi percepatan waktu tempuh, PT KAI juga akan terus melakukan percepatan dalam penyediaan kereta atau gerbong baru. Saat ini, beberapa kereta sudah menggunakan gerbong kereta new generation. Gerbong kereta tersebut sudah memiliki fasilitas yang sangat baik, seperti kursi penumpang kelas ekonomi yang sudah sendiri-sendiri dan sudah tidak berhadap-hadapan dengan sesama penumpang.

Selain itu, lanjut Didiek, untuk gerbong kelas bisnis, untuk kursi penumpang juga sudah diperbarui dan juga sudah ditambah untuk kapasitas penumpangnya.

"Sekarang untuk kereta baru sudah datang nih, pastinya kita akan terus percepat lagi penyediaan kereta atau gerbong barunya. Ke depannya, rel dan operasionalnya juga akan kita terus inovasikan, jadi ditunggu saja tahun ini," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat