visitaaponce.com

Temu Bisnis dan Travel Fair Dorong UMKM Bali Menembus Pasar Digital

Temu Bisnis dan Travel Fair Dorong UMKM Bali Menembus Pasar Digital
Pemprov Bali gelar travel fair dna temu bisnis UMKM(Dok. Mbizmarket)

PEMERINTAH Provinsi Bali didukung Lembaga Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Republik Indonesia (LKPP RI), menggelar Temu Bisnis dan Travel Fair di Wisma Sabha Kantor Gubernur Bali pada, Rabu (21/2) lalu. Kegiatan bertujuan mempertemukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali dengan penyedia-penyedia Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang telah bergabung di marketplace pengadaan digital.

Sejak 2020, Pemerintah Provinsi Bali telah aktif mendorong transformasi pengadaan digital barang dan jasa melalui marketplace mitra Toko Daring LKPP RI. Tujuannya adalah mempercepat, memudahkan, dan meningkatkan transparansi serta akuntabilitas dalam proses pengadaan. Hingga saat ini, lebih dari 2.750 UMKM Bali telah bergabung sebagai penyedia di marketplace tersebut, dengan lebih dari 100.000 produk tayang. Jumlah pesanan mencapai lebih dari 86.000, dengan nilai transaksi mencapai Rp 360 miliar.

Meskipun angka tersebut sudah menggembirakan, masih banyak UMKM yang belum mendapat kesempatan berpartisipasi dalam pengadaan barang dan jasa Pemerintah Provinsi Bali. Oleh karena itu, Temu Bisnis dan Travel Fair diharapkan dapat membuka peluang baru bagi UMKM lokal untuk ikut serta dalam proses pengadaan pemerintah.

Baca juga : Niagahoster dan KiriminAja Dorong UMKM Jelajahi Potensi Digital Baru

"Pemerintah Provinsi Bali telah melakukan pengadaan digital dengan mengoptimalkan Organisasi Perangkat Daerah yang memiliki Pejabat Pengadaan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Kami terus melakukan pembinaan terhadap pelaku UMKM agar produk-produk lokal dapat lebih banyak dimanfaatkan," ungkap Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Bali I Wayan Ekadina, dalam keterangan resmi yang diterima.

Dalam Temu Bisnis dan Travel Fair, peserta dari berbagai OPD dapat berinteraksi langsung dengan penyedia UMKM. Mereka dapat mengunjungi stan-stan penyedia, mencoba produk, dan mempromosikan barang serta jasa yang mereka tawarkan. Selain makanan dan minuman, juga hadir penyedia barang elektronik, Alat Tulis Kantor (ATK), serta travel agent lokal yang bergabung di MbizTravel, fitur terbaru dari Mbizmarket.

"Kami terus melakukan pembenahan agar pengadaan digital melalui marketplace dapat terus ditingkatkan. Dengan adanya fitur MbizTravel, kami berharap pengaturan perjalanan dinas dapat lebih efisien," lanjut dia.

Baca juga : HDK Sukses Tembus Pasar Nasional dan Mancanegara

Fitur MbizTravel ini memungkinkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali untuk memesan tiket pesawat domestik dan hotel di seluruh Indonesia secara elektronik. Selain memberikan kemudahan bagi ASN, fitur ini juga diharapkan dapat membantu travel agent lokal untuk bersaing secara online dan mengurangi biaya operasional.

CEO I Co-Founder Mbizmarket Ryn Mulyanto Riyadi Hermawan menambahkan, pihaknya senang mendukung kegiatan Temu Bisnis dan Travel Fair Pemerintah Provinsi Bali. Fitur MbizTravel diharapkan dapat membantu ASN dalam mengatur perjalanan dinas serta memberikan peluang bagi travel agent lokal untuk bersaing secara online.

Pemanfaatan marketplace mitra Toko Daring LKPP di Bali semakin meluas, mencakup beberapa kabupaten dan kota di provinsi tersebut. Buleleng, Gianyar, Badung, Tabanan, Klungkung, dan Denpasar telah merasakan manfaat dari pengadaan digital ini. Selain itu, beberapa kementerian dan lembaga juga telah memanfaatkan Toko Daring, termasuk Kementerian PUPR, Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian ATR/BPN, Polda Bali, BNN, BPJS, serta Kejaksaan RI.

Dengan berbagai kemudahan yang telah dikembangkan, seperti pembayaran online dan penerapan PMK 58 Tahun 2022, diharapkan Toko Daring dapat mempermudah, meningkatkan efisiensi, akuntabilitas, dan transparansi dalam proses pengadaan barang/jasa di seluruh Bali. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat