visitaaponce.com

Petani di Sultra Diberi Bimbingan untuk Hadapi Perubahan Iklim

Petani di Sultra Diberi Bimbingan untuk Hadapi Perubahan Iklim
Petani menunjukkan kedalaman batang padi yang terendam banjir di areal persawahan Bungi, Kecamatan Bungi, Baubau, Sulawesi Tenggara.(ANTARA/JOJON)

DINAS Tenaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Provinsi Bersama Dinas Pertanian se-Sulawesi Tenggara (Sultra) terus mendampingi petani di tengah Dampak Perubahan Iklim (DPI) yang melanda Bumi Anoa.

Dampak Perubahan Iklim (DPI) menyebabkan banjir dan menjadi masalah yang menimpa beberapa sawah di Sultra.

Kepala Distanak Provinsi Sultra La Ode Muhammad Rusdin Jaya, mengatakan, adanya banjir dapat memberikan pengaruh terhadap pola tanam dan biaya produksi sehingga berimbas kepada hasil pertanian dan pendapatan petani.

Baca juga : Demi Bertahan Hidup Petani Demak Panen Gabah Busuk

"Sebut saja beberapa titik di Kabupaten Konawe yang merupakan salah satu lumbung pangan di Sulawesi Tenggara, puluhan hektare sawah dan ladang terendam banjir akibat curah hujan yang tinggi," jelas Rusdin.

Rusdin melanjutkan, pihaknya tak tinggal diam. Selain memantau seluruh wilayah yang terdampak banjir, juga dilakukan penyuluhan dan  mendampingi petani terdampak serta mengambil langkah-langkah solusi dan antisipasi.

"Kami melakukan pendekatan pompanisasi untuk menyedot lahan pertanaman yang terkena banjir, mempersiapkan benih baru bagi lokasi terdampak, serta mempersiapkan pupuk dan alsin pada brigade-brigade di tingkat kabupaten untuk mempercepat penanaman baru di lokasi yang terdampak," jelasnya.

Rusdin mengatakan pihaknya juga telah meminta agar para petani tidak menanam di wilayah yang mudah banjir.

"Tentu kami senantiasa berkoordinasi dengan stakeholder terkait, misalnya dinas pertanian kabupaten setempat agar selalu mengedukasi petani untuk mencari lokasi yang aman untuk menanam, Dinas PUPR agar melakukan perbaikan tanggul dan irigasi di sawah," ungkap Rusdin. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat